√ Cara Budidaya Marmut yang Mudah dan Lengkap

Diposting pada

√ Cara Budidaya Marmut yang Mudah dan Lengkap

 

 

 

CaraBudidaya.Co.ID – Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id . Kali ini kita akan membahas mengenai cara budidaya marmut secara lengkap.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana Cara budidaya marmut? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 


 

Mengenal Marmut

 

Guinea Pig (marmut) adalah binatang cerdas dan pendiam. Sebagai hewan soliter . Mereka adalah makhluk yang sangat aktif dan menikmati labirin” dan berjalan melalui terowongan.

Umumnya masyarakat Indonesia mengenal marmut dengan sebutan sebagai Tikus Belanda atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Guinea Pig, ialah spesies hewan pengerat yang tergolong dalam famili Caviidae dan genus Cavia. Tikus belanda tidak berasal dari Negara Belanda melainkan berasal dari wilayah Andes. Hewan ini banyak dijadikan hewan peliharaan oleh manusia. Tikus belanda sering kali salah disebut sebagai marmut / marmot, hewan lain yang mirip tetapi berukuran lebih besar.


 

Cara Budidaya Marmut

 

1.Persiapan Kandang Budidaya Marmut

Sediakan minimal dua jenis kandang yaitu kandang pembibitan dan kandang untuk marmut dewasa. Ukuran minimum kandang sekitar 0,5 × 0,5 meter. Jika ingin meletakkan lebih dari satu marmut dalam satu kandang, maka ukurannya harus ditambah menjadi 0,7 × 0,7 meter.

Selain kandang, hal lain yang perlu dipersiapkan ialah perlengkapan. Perlengkapan paling utama, yaitu alas atau bedding yang diletakkan dalam kandang. Anda dapat menggunakan serutan kayu aspen sebagai bedding. Pastikan bedding diganti secara rutin dan teratur untuk menghindari bau dan menjaga kesehatan marmut yang diternakkan.

Perlengkapan lain yang dibutuhkan, yaitu botol air minum, tempat makanan, rak jerami, kotak kecil tempat berlindung, dan tempat tidur. Dan juga dapat memasukkan perlengkapan permainan ke dalam kandang seperti kincir atau roda.

 

 

2.Persiapan Bibit Marmut

Unuk memiliih bibit marmut yang berkualitas bisa dilakukan dengan cara melihat bobotnya, dan memiliih usia yang masih mudah, lincah dan juga aktif dalam bergerak. Pilih lah marmut yang sehat dan tidak sedang terkena penyakit. Untuk pembeliannya bisa membeli nya di penangkaran marmut terdekat atau di toko hewan.

 

 

3.Proses Pemijahan Marmut

Untuk masalah pemijahan janganlah khawatir. Marmut akan melakukan perkawinan dengan sendirinya. Usia kehamilan marmut sangatlah singkat. Marmut betina dewasa hamil sekitar 2 bulan saja. Kemudian akan mendapatkan banyak marmut dalam waktu satu tahun sebab dalam satu kali beranak, marmut bisa melahirkan 2-3 anak sekaligus.

 

 

4.Pemberian Pakan Marmut

pemberian pakan kepada marmut, haruslah ingat marmut adalah hewan yang memiliki nafsu makan yang tinggi. Ia akan makan setiap saat dan kapan saja, jadi kalian harus selalu perhatikan setok pakan marmut, agar tidak kehabisan makanan. Biasanya marmut akan memakan makanan dedaunan, rumput, buah-buahan, biji-bijan dan umbi-umbian.

Tapi bisa memberikan marmut makan rumput saja, karena rumput sangatlah mudah untuk di dapatkan. Kalian harus memberikan rumput agar banyak, karena marmut ini merupakan hewan yang kecil namun akan banyak makan. Jadi kalian tidak perlu heran jika marmut makannya banyak, atau jika kalian penasaran kalian bisa melihat marmut sedang makan. Merka akan makan dengan pelan namun pasti.

Untuk pemberian pakan bisa memberikan 2-3 kali. Dan juga perhatikan untuk memberikan pakan lebih banyak di sore hari. Jika kalian mendengar suara cuitan dari mamut, bearti marmut tersebut lapar dan harus segeara memberikan makan kepada marmut tersebut.

 

 

5.Perawatan Marmut

Perawatan yang dilakukan bisa seperti perawatan bulu dengan memberikan shampoo dengan formula khusus. Selain itu perawatan kuku dan menyisiri bulunya. Supaya marmut tidak mengalami stres, keluarkan sesekali marmut dari kandang namun selalu dalam pengawasan.
Kandang perlu dibersihkan secara berkala. Untuk ternak marmut dalam jumlah yang banyak, umumnya diharuskan untuk membersihkannya sekitar seminggu sekali. Namun untuk jumlah yang sedikit bisa dilakukan dua minggu sekali. Yang perlu dibersihkan dari kandang adalah kotoran dan sisa pakan kalau ada.

 


 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Cara Budidaya Marmut yang Mudah dan Lengkap . Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakan nya. Terima Kasih

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ 6 Langkah Budidaya Udang Windu untuk Pemula Secara Lengkap
Baca Juga  √ 15 Cara Beternak Burung Kacer Bersuara Merdu & Gacor [ TERLENGKAP ]
Baca Juga  √ Cara Budidaya Kambing Etawa yang Mudah Dipahami Secara Lengkap
Baca Juga  √ 8 Cara Budidaya Ayam Petelur Terlengkap
Baca Juga  √ 10 Cara Ternak Bebek Terlengkap