√ 6 Cara Ampuh Dalam Budidaya Tanaman Jambu Kristal Termudah

Diposting pada
√ 6 Cara Ampuh Dalam Budidaya Tanaman Jambu Kristal Termudah
5 (100%) 30 votes

√ 6 Cara Ampuh Dalam Budidaya Tanaman Jambu Kristal Termudah

 

Anda pecinta jambu ? tentu anda mengetahui jenis jambu Kristal. Jambu kristal ialah sebuah jenis jambu yang paling banyak disukai banyak orang, selain manis jambu Kristal adalah salah satu jenis jambu yang memiliki daging tebal dengan sedikit biji. Ingin menanam jambu Kristal dirumah anda ? anda harus memahami terlebih dahulu cara merawat jenis tanaman ini ! yuk simak ulasannya !

 

 

6 Cara Ampuh Dalam Budidaya Tanaman Jambu Kristal

 

 

 

1. Teknik pemeliharaan jambu

Pemeliharaan Tanaman

Anda harus memperhatikan hal-hal sekecil apapun yang termasuk cara memelihara jambu Kristal, misalnya :

  1. Membasmi hama, hama pada daun jambu akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan dan kesuburan buah.
  2. Melakukan penyiangan, hal ini dilakukan untuk pertumbuhan buah agar bertumbuh maksimal dan berbuah besar juga lebat penyiangan ini dilakukan dengan cara membuang sedikit bagian dari tunas yang muncul yang menempel pada batang induk.
  3. Pengolahan tanah, agar tanaman tumbuh subur perlu diperhatikan  juga teknik pengolahan tanah salah satu caranya yaitu dengan cara melakukan pemupukan.
  4. Penyulaman dan penjarangan, penyulaman dilakukan untuk mencegah gangguan gulma yang akan dapat merusak tanaman.
  5. Pemangkasan, ini dilakukan setelah pohon jambu menginjak usia 2tahun hal ini berguna untuk merangsang pertumbuhan daun dan buah agar lebih subur. Pemangkasan iniperlu juga dilakukan meskipun buah telah dipanen.

 

 

2. Proses Pemupukan Tanaman

proses pemupukan ini sudah dapat dilakukan ketika tanaman jambu Kristal berusia 0 s/d 1 tahun. Adapun jenis pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk organik (NASA, Bioboost K-Link, Pupuk organic dari Petro Kimia), Pupuk kandang, pupuk anorganik (pupuk NPK Mutiara). Adapun cara memupuk untuk tanaman jambu Kristal adalah dengan cara menaburkan pupuk di sekitar tanaman atau dengan cara melubangi tanah sedalam kurang lebih 30cm lalu memasukkan pupuknya.

 

3. Proses pengairan

Dalam proses ini biasanya dilakukan 2xsehari. Kemudian apabila bibt telah tumbuh maka proses pengairanpun dikurangi menjadi sekali setiap harinya

 

 

4. Cara mengendalikan hama dan penyakit

Ulat daun, kumbang buah, kutu putih adalah beberapa jenis penyakin dan hama yang seringkali terdapat pada jambu Kristal, lakukan pengontrolan pada tanaman dengan menggunakan insektisida, umpan beracun dengan menggunakan rebusan buah pala yang mengandung senyawa metyl euganol dan juga chloropyrifos.

 

 

5. Cara membungkus buah

          Pembungkusan Buah di Pohon

Selain keempat cara itu, anda juga dapat melakukan teknik pemeliharaan tanaman jambu dengan cara  mencegah hama dengan membungkus buahnya.

Adapun tata cara membungkus buah jambu adalah dengan menggunakan jaring buah (dari bahan sterogorm) lalu setelah itu gunakan  plastik bening setelah kelopak buah hampir jatuh.

Dalam mengikat plastic, dapat dilakukan dengan 2 metode, yaitu mengikat plastik pada tangkai daun atau dengan cara yang lebih efisien yaitu dengan cara mengikat plastik pada cabang dari buah yang akan di bungkus agar tidak mudah putus dan buah jatuh.

 

 

6. Cara Pemanenan

            Panen Jambu Kristal

Panen jambu Kristal yang jika berasal dari cangkokan biasanya buah bisa mulai dipanen dalam kurung waktu 6bulan. Teknik pencangkokan ini diyakini lebih cepat menghasilkan buah. Namun, jika anda memiliki tanaman jambu Kristal dari bibit biasa, maka biasanya anda harus menunggu kurang lebih 2tahun untuk dapat menikmati buahnya.

Adapun cara mengetahui bahwa buah telah siap panen adalah ketika buah telah berubah warna menjadi putih kekuningan.

 

 

Demikian beberapa √ 6 Cara Ampuh Dalam Budidaya Tanaman Jambu Kristal Termudah. Bagi ada yang ingin atau berniat membuat budidaya tanaman jambu Kristal, ada baiknya anda mengetahui teknik merawat tanaman ini dengan baik seperti pada artikel ini.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Buah Pepaya California Terlengkap
Baca Juga  √ 5 Cara Menanam Buah Apel Terlengkap
Baca Juga  √ 7 Cara Menanam Buah Alpukat Terlengkap
Baca Juga  √ 9 Cara Menanam Cabe Di Jamin Berhasil & Sukses Dalam Bisnis