√ 6 Cara Budidaya Ikan Arwana Terlengkap

Diposting pada
√ 6 Cara Budidaya Ikan Arwana Terlengkap
5 (100%) 14 votes

√ 6 Cara Budidaya Ikan Arwana Terlengkap Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id. Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Budidaya Ikan Arwana.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana cara budidaya ikan arwana yang mudah dan menguntungkan ? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

√ 6 Cara Budidaya Ikan Arwana Terlengkap
√ 6 Cara Budidaya Ikan Arwana Terlengkap

 

Mengenal Ikan Arwana

 

Arwana Asia (Scleropages formosus), atau Siluk Merah merupakan salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini juga memiliki badan yang panjang.

Sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna yang keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut sebagai “Ikan Naga” karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Arwana Asia adalah salah satu spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi sebagai berikut :

  • Hijau, ditemukan di wilayah Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia
  • Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
  • Emas, ditemukan di Malaysia
  • Merah, ditemukan di Indonesia

 

 

Klasifikasi Ikan Arwana

 

  • Kerajaan : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Osteoglossiformes
  • Famili : Osteoglossidae

 

 

Manfaat Ikan Arwana

 

  • Sebagai ikan hias dan juga peliharaan.
  • Sebagai penghilang stress.
  • Dipercaya dapat mendatangkan rezeki.
  • Sebagai pengisi waktu luang dan juga hobi.
  • Dapat dijadikan sebagai lahan bisnis.
  • Sebagai lambang keberhasilan dan juga kejayaan.
  • Menambah banyaknya relasi.

 

 

Syarat Hidup Ikan Arwana

 

  • pH air sekitar 6 – 7.
  • Suhu air antara 26 – 30 C.
  • Ikan ini suka dengan cahaya sehingga Anda harus menerangi akuarium atau kolam jika lokasinya tertutup atau terhalang matahari.

 

 

Cara Budidaya Ikan Arwana

 

1. Persiapan Media

 

Sebelum melakukan budidaya ikan arwana sebaiknya siapkan dahulu media budidaya berupa akuarium. Jumlah akuarium yang akan digunakan untuk sebuah budidaya disesuaikan dengan kebutuhan, akuarium tersebut juga harus diberi perlengkapan seperti aerator, heater, filter air, pengatur suhu dan juga lampu.

 

2. Memilih Jenis Ikan

 

Untuk membudidayakan ikan arwana tersebut pilihlah ikan arwana yang bagus dan terhindar dari berbagai penyakit dan hama. Ikan arwana tersebut juga harus dipilih dengan cara melihat tubuh ikan arwana apakah baik atau tidak.

 

3. Waktu Pengembangbiakan Ikan Arwana

 

Ikan arwana siap dikembang biakan ditandai dengan ikan tersebut telah menemukan pasangan, mereka sering berenang bersama dengan kepala dan ekor menempel.

Jika sudah seperti itu, ambil ikan tersebut dan tempatkan pada tempat atau akuarium perkembangbiakan. Selanjutnya ikan akan melakukan proses perkawinan setelah itu betina akan bertelur.

Ikan arwana jantan kemudian akan memakan telur yang dikeluarkan betina untuk membuahi telur tersebut hingga menjadi larva ikan. Setelah sekitar 2 bulan maka ikan jantan tersebut akan mengeluarkan larva ikan tersebut.

 

4. Pembesaran Benih Ikan Arwana

 

Selanjutnya untuk pembesaran benih, Anda harus menunggu sampai berukuran 12 cm. Untuk benih yang masih kecil berukuran sekitar 1 cm dapat diberi makan cacing pita.

Jika seekor ikan sudah mulai dewasa dan berukuran sekitar 12 cm, maka Anda harus memisahkan ikan tersebut dari ikan-ikan kecil atau anak-anak ikan karena arwana jenis ikan pemakan segalanya tanpa memedulikan itu anaknya sendiri.

Sehingga jika Anda ingin memiliki ikan peliharaan yang banyak maka Anda harus segera mencegah terjadinya ikan dewasa memangsa ikan anakan.

 

5. Pemeliharaan Ikan Arwana

 

  • Pakan Ikan Arwana

Untuk jenis pakan yang harus diberikan kepada ikan ini adalah berupa gabungan pellet yang mengandung 32% protein serta beragam jenis pakan hidup seperti ikan mas, udang, atau potongan daging dan kepiting kecil.

Pemberian pakan harus disesuaikan dengan ukuran ikan, yaitu sekitar 2% dari berat tubuh ikan setiap harinya dan dibagi menjadi 2 sesi pemberian, yakni makan pada pagi dan sore hari.

 

  • Mempelajari Karakter Ikan Arwana

Setelah pemindahan ikan arwana yang masih kecil, maka ikan tersebut bisa dipelihara sampai ukuran sekitar 25 – 40 cm, dimana ukuran tersebut adalah ukuran ideal dan banyak dicari oleh pembeli. Selain itu, ikan dengan ukuran tersebut memiliki karakter yang agresif dan gesit yang sangat disukai pembeli.

 

  • Merawat Ikan Arwana

Ikan yang telah dewasa umumnya berusia 4 tahun dengan karakteristik panjang tubuh sekitar 45-60 cm. Perbedaan jenis kelamin dapat diketahui saat arwana berumur 3-4 tahun dengan memerhatikan ukuran tubuh dan ukuran rongga mulut. Ikan jantan lebih mudah dikenali dari bentuk dan perilakunya yang defensif terhadap anakan.

 

6. Panen Ikan Arwana

 

Umumnya dibutuhkan waktu sekitar 7-8 bulan untuk memanen arwana. Namun pada umur 2 bulan, saat panjang arwana 12-20 cm dan menunjukkan warna cerahnya.

Ikan ini sudah mulai diminati. Akan tetapi, banyak orang lebih menyukainya saat sudah sepanjang 25-40 cm karena pada saat ini mereka mulai aktif bergerak.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 6 Cara Budidaya Ikan Arwana Terlengkap. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakannya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga  √ 15 Cara Beternak Burung Kacer Bersuara Merdu & Gacor [ TERLENGKAP ]

Baca Juga  √ 11 Cara Mudah Budidaya Ikan Koi Terlengkap

Baca Juga  √ 8 Cara Budidaya Ikan Gabus Terlengkap

Baca Juga  √ 7 Cara Budidaya Kucing Persia Terlengkap