√ 6 Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Terlengkap

Diposting pada
√ 6 Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Terlengkap
5 (100%) 17 votes

√ 6 Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Terlengkap Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id. Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana cara budidaya burung nuri kepala hitam yang baik dan benar? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

√ 6 Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Terlengkap
√ 6 Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Terlengkap

 

Mengenal Burung Nuri Kepala Hitam

 

Nuri Kepala Hitam (lorius lory) merupakan salah satu jenis burung nuri Indonesia yang habitatnya tersebar di pulau Papua, Ambon dan Ternate.

Nuri Kepala Hitam atau oleh para pecinta burung Nuri lebih sering disingkat dengan nama Paltem, memiliki kecerdasan menirukan beberapa suara yang sering didengarnya dan juga bisa dilatih untuk melakukan beberapa trik.

Nuri Jenis ini, Di Indonesia juga memiliki nama lain yang diantaranya Kasturi Kepla Hitam, Nuri Merah Irian, Nuri Merah Papua.

 

 

Ciri Umum Nuri Kepala Hitam

 

  • Panjang tubuh 30-33 dengan berat 200-240 gr.
  • Memiliki ekor lebar
  • Warna merah terdapat pada kepala dan dada atas.
  • Kepala bagian atas (mahkota) bulu berwarna hitam sedangkan bagian bawahnya berwarna unggu tua.
  • Mantel berwarna unggu tua.
  • Panjang ekor 4,2 inci pada bagian bawah ekor berwarna biru turkis sama dengan warna bulu paha-nya.
  • Panjang sayap 6,3 inci pada bagian atas berwarna hijau dan bagian bawahnya merah.

 

 

Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam

 

1. Dapat Mengenali Burung Nuri Jantan dan Betina

 

Ciri Nuri Kepala Hitam Jantan

  • Bulu dada yang berwarna biru tua mengkilap dengan perilaku sering mengembangkan sayap serta menaik-turunkan kepala dan tubuhnya.
  • Iris mata berwarna oranye.
  • Tengkorak dan Paruh lebih lebar dibandingkan betina.

 

Ciri Nuri Kepala Hitam Betina

  • Bulu dadanya berwarna biru tua agak pucat dan kusam serta berperilaku kurang gesit.
  • Iris mata berwarna kuning atau oranye muda.

 

2. Persiapan Kandang Burung Nuri Kepala Hitam

 

Siapkan kandang bertipe kandang terbuka dengan sistem rantai atau bisa juga gunakan kandang tipe tertutup berdinding kandang tersebut dibuat daru strimin logam dan juga kerangka kayu dengan ukuran kandang sekitar 1 m x 1,25 m serta tinggi 1,9 meter.

Letakkan kandang di tempat yang sering dilalui atau ramai agar burung terbiasa dengan kehadiran manusia. Jika burung merasa takut.

Tempatkan kandang di tempat yang agak lebih tinggi tapi sedikit-sedikit turunkan ke ketinggian normal. Jangan lupa, selalu jaga kebersihan kandang agar burung tetap sehat.

 

3. Proses Memandikan Nuri Kepala Hitam

 

  • Lakukan penyemprotan di luar kandang, dengan cara menyemprotkan burung dengan intensitas air yang sedang.
  • Biarkan burung nuri tersebut berada di tempat terbuka agar bulu dari burung nuri menjadi kering dna agak hitam
  • Kemudian masukan lagi burung tersebut kembali kedalam sangkar mereka.
  • Memandikan burng hingga ia menjadi basah kuyup akan menyebabkan burung tersebut menjadi kian lapar.
  • Makanya anda harus memperhatikan makanan yang tersedia dikandang. Kelaparan bukan disebabkan oleh air melainkan energi yangterkuras karena digunakan untuk memanaskan kembali tubuh mereka.

 

4. Pemberian Pakan Nuri Kepala Hitam

 

  • Gunakan pemberian pakan kepada burung ini menggunakan bantuan lidi. Namun, coba selalu perpendek ukuran lidi setiap harinya hingga terakhir letak makanan ada di telapak tangan anda.
  • Nuri kepala hitam yang telah berani dan terbiasa akan langsung mendekat dan kemudian langsung memakan makanan tersebut ke tangan kita. Ini adalah salah satu tanda bahwa burung peliharaan anda kian jinak dan tidak lagi liar.
  • Biasanya hasil terbaik didapati setelah sebulan jika anda melakukan perawatan yang benar. Nuri yang dilatih dengan benar akan cepat jinak dan ngacor.
  • Pakan nuri kepala hitam ini juga harus menjadi salah satu perhatian bagi pemilik. jangan meberikan sembarangan pakan kepada mereka.
  • Karena pakan nantinya akan menjadi faktor untuk perkembangan dan pertumbuhan nuri. Pakan yang bisa diberikan dan merupakan rekomendasi adalah biji-bijian, kacang-kacangan, buah buahan, syuran dan pakan buatan.

 

5. Melakukan Pelatihan

 

Selain perawatan yang baik, kalian juga harus melakukan pelatihan. Pelatihan terhadap burung nuri sangatlah penting, apalagi jika kalian ingin akrab dengan burung peliharaan kalian. Untuk itulah kalian harus mengetahui waktu aktif mereka.

Untuk pelatihan pertama, kalian bisa mengajarkan kepada burung nuri dengan cara mengeluarkan dan memasukan burung nuri ke sangkar. Saat melatihnya, kalian bisa menggunakan makanan di tangannya untuk melatih burung nuri.

Dengan menggunakan makanan kalian bisa membuat burung peliharaan kalian akan terbiasa dengan kehadiran kalian dan menghampiri kalian.

 

6. Menjaga Kebersihan Kandang

 

Untuk dapat menjaga kebersihan kandang penangkarannya bersihkan setiap 3 hari sekali. Pembersihan kandang untuk ternak burung jenis ini tujuannya supaya burung nuri anda tidak mudah terserang penyakit dari serangan virus.

Virus tersebut biasanya muncul karena kotoran burung dan juga makanan burung yang menumpuk. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan sapu lidi. Namun, pembersihannya jangan berlebihan.

Sebab, jika anda berlebihan dalam membersihkan kandangnya dapat menjadikan burung menjadi ketakutan serta stress yang mengakibatkan gagalnya proses ternak anda.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 6 Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Terlengkap. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakannya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga  √ 6 Cara Budidaya Bekicot Terlengkap

Baca Juga  √ 5 Cara Ternak Burung Puyuh Petelur Temudah & Terlengkap

Baca Juga  √ 9 Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Merah Terlengkap

Baca Juga  √ 5 Cara Budidaya Lebah Madu Terlengkap