√ 5 Cara Menanam Bunga Sepatu Terlengkap

Diposting pada
√ 5 Cara Menanam Bunga Sepatu Terlengkap
4.7 (93.33%) 12 votes

√ 5 Cara Menanam Bunga Sepatu Terlengkap Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id. Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Menanam Bunga Sepatu.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana cara menanam bunga sepatu agar menghasilkan bunga yang indah? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

√ 5 Cara Menanam Bunga Sepatu Terlengkap
√ 5 Cara Menanam Bunga Sepatu Terlengkap

 

Mengenal Bunga Sepatu

 

Bunga Kembang Sepatu ini dikenal juga dengan istilah ilmiah yakni Hibiscus rosa-sinensis L. Bunga sepatu merupakan salah satu tanaman semak yang digolongkan ke dalam suku Malvaceae.

Konon bunga cantik ini berasal dari tanah Asia Timur. Sebagai tanaman hias, dapat dijumpai bunga kembang sepatu dalam berbagai macam warna, mulai dari merah muda hingga, ungu hingga merah tua.

Bunga tanaman ini terdiri atas beberapa daun kelopak juga kelopak tambahan atau epicalyx. Bagian mahkota bunganya sebanyak 5 lembar.

Tangkai putiknya mirip dengan silinder yang memanjang dan dikelilingi oleh tangkai sari oval. Tanaman kembang sepatu ini juga bisa mencapai ketinggian sekitar 2 hingga 5 meter.

Tak sekedar hiasan, tanaman ini menyerupai dengan bunga serupa terompet ini juga ternyata ditanam sebagai herba obat. Kembang sepatu ini juga hidup pada negara beriklim tropis dan sub tropis.

Kembang sepatu ini tidak dapat ditemukan pada suatu negara yang beriklim dingin karena itu bukan tempatnya. Dengan kata lain bahwa banyak kembang sepatu tidak bisa ditemukan pada sembarangan dari beberapa negara.

 

 

Ciri Fisik Bunga kembang Sepatu

 

  • Lemon
    Ciri-cirinya yaitu memiliki warna engna kombinasi antara kuning lembut yang bercampur putih.
  • Reva
    Ciri-cirinya yaitu memiliki warna merah bercampur dengan orange. Memiliki kelopak yang besar dan tidak mudah rontok bunganya.
  • Blue Berry
    Ciri-cirinya yaitu memiliki warna ungu seperti warna blue berry. Warna unggu pada blue berry ini termasuk warna ungu yang langka.
  • Cute canyon
    Ciri-cirinya yaitu memiliki warna merah muda yang lembut.

 

 

Manfaat Bunga Sepatu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

 

  • Mengobati demam tinggi.
  • Mengobati batuk dan sariawan.
  • Mengobati bronkitis.
  • Mengobati penyakit Gonorrhea.
  • Mengobati gondokan.
  • Mengobati sakit kepala.
  • Mengeluarkan racun.
  • Menjaga kesehatan kulit.
  • Mengobati pilek.
  • Menurunkan berat badan.
  • Mengobati rasa nyeri pada PMS.
  • Menambah energi.

 

 

Jenis – Jenis Tanaman Kembang Sepatu

 

1. Kembang Sepatu Albus

Bunga sepatu jenis ini memiliki warna putih bersih serta juga memiliki mahkota tunggal. Jenis bunga ini sangat banyak di tanam pada daerah yang tropis pada dataran rendah hingga tinggi.

 

2. Kembang Sepatu CV-Natal

Varietas bunga sepatu ini sangat banyak di budidayakan di Natal (Afrika Selatan). Ciri-ciri bunga ini berwarna putih dan juga memiliki warna merah tua pada bagian tengah kelopak bunga.

 

3. Bunga Sepatu Plenus

Bunga sepatu ini memiliki banyak kelopak bunga yang unik seperti bunga mawar. Warna merah muda dan memiliki diameter sekitar 10 cm ini sering juga disebut sebagai bunga cina. Bunga sepatu plenus juga memiliki warna lain yaitu merah gelap.

 

4. Bunga Sepatu Schizopelatus

Jenis bunga sepatu ini juga memiliki beberapa ciri-ciri tangkai bunga yang mirip seperti lentera serta berbentuk panjang. Cara menanam kembang sepatu pada jenis ini umumnya menggunakan metode stek batang.

 

 

Cara Menanam Bunga Kembang Sepatu

 

1. Pemilihan Bibit Kembang Sepatu

 

  • Stek Batang : Dengan cara ini anda bisa langsung menancapkan batang yang sudah tua ke dalam tanah.

 

  • Cangkok : Jika anda memilih cara ini usahakan cari batang yang lurus dengan diameter kurang lebih 5 cm. Kupas kulitnya dan kerok sampai lendirnya habis. Lalu bungkus sayatan dengan tanah dan plastik, basahi sedikit saja setelah itu ikat kedua ujungnya dengan kuat. Biarkan sampai keluar akarnya.

 

2. Tentukan Cuaca Penanaman Kembang Sepatu

Kembang sepatu adalah bunga semak yang dapat hidup hingga lebih dari 40 tahun lamanya. Tanaman ini memang termasuk tanaman yang kuat, namun harus diingat bahwa tanaman ini tidak tahan daerah bersuhu terlalu dingin.

Bunga ini hanya dapat tumbuh pada daerah bersuhu 15 – 32°C. Jadi sebaiknya, jangan pernah memulai penanaman saat musim dingin.

 

3. Siapkan Media Tanam

Media tanam berupa wadah pot yang berisi campuran tanah dan pupuk rendah fosfor dan tinggi kalium. Kembang sepatu pada dasarnya menyukai tanah yang asam. Apabila pH tanah terlalu basa, maka tambahkan tanah gambut yang berasal dari lumut.

 

4. Penanaman Benih Kembang Sepatu

Lubangi media tanam sedalam 1 – 2 cm. Masukkan benih kembang sepatu secara perlahan ke dalam lubang lalu tutupi kembali dengan tanah tipis-tipis.

 

5. Merawat Kembang Sepatu

 

  • Penyiraman dan Pemupukan
    Lakukan penyiraman secara rutin namun secukupnya saja. Selain penyiraman, lakukan juga pemupukan agar nutrisi yang dibutuhkan untuk sebuah pertumbuhan tanaman terpenuhi. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk kompos atau pupuk NPK yang diberikan secara berkala.

 

  • Pemangkasan
    Agar tanaman bunga sepatu ini tetap terlihat rapi dan tidak berantakan, maka perlu dilakukan sebuah pemangkasan. Pemangkasan pada ranting atau dahan tanaman dilakukan guna memacu munculnya bunga yang lebih banyak. Apabila ada bagian tanaman yang mati atau rusak, segera dipangkas agar tunas baru cepat tumbuh.

 

  • Pengendalian Hama
    Hama dan penyakit tentunya menjadi momok utama para pegiat budidaya, baik hama penyerang akar dan daun. Untuk mencegah atau mengendalikan hama jenis tersebut anda bisa menyemprotkan insektisida susuai dosis secara berkala.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 5 Cara Menanam Bunga Sepatu Terlengkap. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakannya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Padi Terlengkap

Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Kencur Terlengkap

Baca Juga  √ 5 Cara Menanam Bunga Hortensia Terlengkap

Baca Juga  √ 5 Cara Menanam Bunga Kertas Terlengkap