√ 5 Cara Menanam Bunga Kertas Terlengkap

Diposting pada
√ 5 Cara Menanam Bunga Kertas Terlengkap
5 (100%) 11 votes

√ 5 Cara Menanam Bunga Kertas Terlengkap Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id. Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Menanam Bunga Kertas.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana cara menanam bunga kertas agar menghasilkan bunga yang indah? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

√ Cara Menanam Bunga Kertas Terlengkap
√ Cara Menanam Bunga Kertas Terlengkap

 

Mengenal Bunga Kertas

 

Bunga kertas atau biasa disebut Bougenville, termasuk tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman yang memiliki nama latin Bougainvillea ini masuk ke dalam famili Asteraceae yaitu suku anggota tumbuhan yang berbunga.

Bunga Bougenville memiliki warna yang beragam, orange, putih, merah pucat, ungu, merah terang dan lain-lain. Bunga ini sangat indah sehingga sering dijadikan hiasan.

Selain itu, bunga ini juga sering digunakan untuk keperluan mandi bunga atau spa. Adapun di India dan Cina, bunga boungenville digunakan untuk acara duka ketika prosesi pemakaman.

Perlu diketahui, bunga boungenville memiliki akar tunggang yang vertical, berserabut dan akar cabang. Oleh sebab itu, tanaman ini termasuk perdu tegak yang tingginya mencapat 3 – 4 meter.

Spatha atau selundang bunga pada tanaman bunga ini memilii ukuran yang cukup besar yang tumbuh menyelumbungi seluruh bagian bunga majemuk sebelum mekar.

Spata tersebut berukuran sangat tipis dan memiliki ciri seperti kertas, warna bunganya beragam ada putih, merah muda, kuning,dan lain sebagainya. Batang bunga ini juga memiliki duri yang tajam dan bercabang.

 

 

Jenis – Jenis Bunga Bougenville

 

1. Bunga Bougainville Afterglow

Jenis bunga kertas satu ini menjadi favorit para pencinta tanaman hias karena dapat berulang kali berbunga dalam satu tahun. Disamping itu bunga jenis ini mempunyai warna yang cantik, merah muda, merah, koral dan jingga.

 

2. Bunga Bougainnville Callifornia Gold

Ciri-ciri bunga Kertas ini memiliki waran super cantik yaitu gradasi emas ke jingga. Meskipun bunga ini menggugurkan daunnya setelah mekar dengan sempurna, bunga Bougenville ini menjadi salah satu favorit beberapa pegiat tanaman hias.

 

3. Bougainville Gold Rush

Warna bunga jertas jenis ini hampir sama dengan varietas di atas, akan tetapi memiliki warna yang lebih cerah dan mencolok.

 

4. Bunga Kertas Bambino Baby Allison

Varietas ini juga memiliki ciri warna pink pada kelopak bunganya. Tentunya pilihan ini akan sangat cocok bagi para pecinta warna pink.

 

5. Bougainville Bambino Baby Lauren

Memiliki warna yang sangat lembut seperti sebelumnya akan tetapi pada jenis ini berwarna lebih keunguan.

 

6. Bougainville Baby Victoria

Bunga kertas ini dapat berbunga sepanjang taun, ciri-ciri bunga kertas ini memiliki warna keunguan dan magenta cerah dan mencolok. Tentunya halaman akan semakin elegan menggunakan bunga kertas jenis ini sebagai hiasan.

 

 

Cara Menanam Bunga Kertas atau Bougenville

 

1. Membuat Bibit Bunga Kertas

 

Membuat bibit bunga kertas dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan stek batang, bisa juga dengan cara cangkok.

Stek atau menurus merupakan kegiatan memotong bagian tanaman yang kemudian ditanam di salah satu media tumbuh dengan tujuan supaya dapat embentuk akar dan tumbuh lebih lanjut sampai menjadi tanaman sendiri.

Stek dapat berupa stek daun, stek batang, stek akar, dan sek pucuk. Untuk membuat bibit bunga kertas yaitu dengan cara stek batang.

 

2. Persiapan Media Tanam Bunga Kertas

 

Penanaman bunga kertas ini harus dilakukan dengan media tanah yang baik, subur, gembur, dengan pH normal dan memiliki unsur hara yang baik untuk pertumbuhan tanaman bunga kertas.

Media tanam disiapkan yang isinya adalah campuran dari tanah yang gembur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Nama pupuk untuk mempercepat tumbuhnya akar di bunga kertas adalah Rootoone.

Setelah media tanam siap, masukkan media tanam yang berupa campuran tadi ke dalam pot.

Tetapi jangan terlalu penuh, sisakan beberapa cm dari atas pot. Kemudian tanam bibit tadi. Bibit dimasukkan agak masuk kedalam tanah agar bibit tadi tidak lepas. Kemudian timbun kembali dengan tanah dan siram.

 

3. Perawatan Bunga Kertas

 

  • Pemangkasan

Pemangakasan bermanfaat untuk merangsang tumbuhnya tunas serta bunga menjadi lebih banyak. Pemotongan batang tanaman juga dapat dilakukan apabila terdapat serangan hama dan penyakit supaya tidak menyerang ke bagian lain.

 

  • Penyiraman

Lakukan penyiraman pada setiap pagi dan sore hari untuk dapat menjaga kelembaban tanah serta demi mencukupi kebutuhan air. Manfaat penyiraman tentunya untuk dapat memaksimalkan pertumbuhan yang akan menjadi lebih baik.

 

  • Pemupukan Susulan

Selain pemangkasan tanaman bunga kertas, untuk menjaga kesehatan tanaman dapat dilakukang dengan memberikan pupuk susulan.

Pemupukan susulan bisa menggunakan pupuk kandang, kimia dan organik. Berikan pupuk secukupnya, dan lakukan apabila tanaman dirasa kurang subur.

 

  • Penyimpanan yang Baik

Simpan media tanam di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Karena dengan tempat yang terbuka menanam bunga kertas dapat maksimal dan juga memiliki bunga yang lebih berkualitas.

 

4. Pemeliharaan Bunga Kertas

 

  • Menjaga kelembaban media tanah dengan baik.
  • Melakukan penyiraman untuk dua kali dalam sehari, agar media tanah ini tidak terlalu kering.
  • Memangkas percabangan bunga kertas, agar pertumbuhan tidak terganggu.
  • Melakukan pemupukan bunga kertas dengan anorganik atau organik, agar media tanah gembur dan subur.
  • Pengendalian hama dan penyakit bunga kertas, dengan cara melakun sanitasi, penyemprotan insekstisida dan lainnya.

 

5. Pencegahan Hama Bunga Kertas

 

Agar proses fotosintesis berlangsung dengan baik, tanam bunga bougenville di lahan yang mudah terkena sinar matahari.

Jika tanaman ini terkena penyakit, segera potong bagian yang terkena penyakit tersebut atau semprotkan fungsisida.

Tapi ingat, bougenville juga butuh masa kering, yaitu tidak perlu disiram untuk beberapa hari. Setelah itu, daun-daun menjadi kering dan kuncup bunga mulai tumbuh.

 

 

Cara Menanam Bunga Kertas Dari Biji

 

  • Petik bunga kertas tua, pastikan bunga berasal dari indukan berkualitas.
  • Jemur bunga kertas di bawah terik matahari sampai kering.
  • Ambil biji bunga kertas yang sudah kering.
  • Siapkan media semai berupa polybag di isi tanah bercampur pupuk kandang dan arang sekam. Perbandingan ketiganya bisa 1:1:1.
  • Tanam biji bunga matahari ini pada media semai, lakukan perawatan seperti penyiraman.
  • Pindahkan bibit kemdian pidahkan bibit ke media tanam utama setelah bibit tumbuh mempunyai beberapa daun dan tinggi sekitar 30 cm.
  • Siapkan pot berukuran sedang, utuk media pot serta perbandingannya sama saat proses penyemaian. Buang plastik sebelum proses pemindahan bibit dilakukan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 5 Cara Menanam Bunga Kertas Terlengkap. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakannya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga  √ 5 Cara Menanam Bunga Hortensia Terlengkap

Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Kencur Terlengkap

Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Kunyit Terlengkap

Baca Juga  √ 5 Cara Budidaya Bunga Mawar Terlengkap