√ 5 Cara Menanam Bunga Dandelion Terlengkap

Diposting pada
√ 5 Cara Menanam Bunga Dandelion Terlengkap
5 (100%) 15 votes

√ 5 Cara Menanam Bunga Dandelion Terlengkap Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id. Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Menanam Bunga Dandelion.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana cara menanam bunga dandelion agar menghasilkan buah yang lebat? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

√ 5 Cara Menanam Bunga Dandelion Terlengkap
√ 5 Cara Menanam Bunga Dandelion Terlengkap

 

Mengenal Bunga Dandelion

 

Randa Tapak atau Dandelion merupakan salah satu bagian dari Taraxacum, sebuah genus besar dalam keluarga Asteraceae.

Nama Randa Tapak itu sendiri biasa digunakan untuk merujuk kepada sebuah tumbuhan yang sudah memiliki “bunga” yang memiliki “bunga-bunga” kecil yang terbang ditiup angin.

Asal asli dari tumbuhan ini yaitu negara Eropa dan Asia, namun sudah menyebar ke segala tempat. Yang disebut sebagai bunga dari tumbuhan ini ialah akan menjadi semacam jam hayati yang secara teratur melepaskan banyak bijinya. Biji-biji ini sesungguhnya adalah buahnya.

Bagian dandelion seperti akar dan bunga yakni salah satu bagian yang terdapat mengandung banyak zat penting yang bermanfaat. Dandelion juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. Vitamin yang dikandung oleh bunga dandelion yaitu vitamin A, D, E, B kompleks, dan C.

 

 

Manfaat Bunga Dandelion

 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mendukung kesehatan pencernaan.
  • Menjaga kesehatan hati.
  • Menurunkan kadar lipid darah.
  • Mengendalikan kadar gula darah.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Mengatasi peradangan.
  • Mencegah dan mengobati kanker.
  • Menurunkan berat badan.
  • Merawat kecantikan kulit.

 

 

Cara Menanam Bunga Dandelion

 

1. Persiapan Lokasi Tanam Bunga Dandelion

Lokasi yang dipilih untuk dapat menanam bunga dandelion sebaiknya disesuaikan dengan habitat aslinya yaitu pada lokasi yang terbuka dan terkena cahaya matahari secara langsung seperti di pekarangan.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 20cm x 20cm x 20cm. Kemudian, tambahkan 1kg-2kg pupuk kandang ke dalam lubang tanam dan biarkan selama 1 minggu.

Gemburkan tanah yang ada disekitar lubang tanam. Apabila sudah 1 minggu, lubang tanam sudah siap ditanami bibit bunga dandelion.

 

2. Menyiapkan Benih Tanaman Dandelion

  • Terdapat berbagai macam varietas dandelion namun yang paling sering atau banyak dibudidayakan yaitu jenis dandelion umum (T. officinale).
  • Ketahui pengetahuan dasar mengenai tanaman dandelion agar anda tidak mudah tertipu.
  • Biasanya benih yang di jual berisi 50 biji/bungkus, dengan harga 10 ribu an.
  • Pastikan benih yang dibeli sudah siap di tanam, dan tidak memerlukan perlakuan tambahan lainnya.
  • Untuk informasi yang sangat lengkap mengenai benih anda bisa menanyakannya kepada penjual dengan sedetail detailnya.

 

3. Menanam Bunga Dandelion

Penanaman pada bunga dandelion ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan biji benih dandelion ditanam langsung ke dalam lubang tanam atau bisa juga biji benih bunga dandelion disemai terlebih dahuludi polybag baru setelah tumbuh ditanam ke lahan tanam.

Namun dapat disarankan dalam pembibitan dandelion dilakukan dengan cara menyemaikan benihnya terlebih dahulu karena angka kehidupan bibit lebih tinggi.

Cara menyemai benih bunga dandelion yaitu sebagai berikut :

  • Benih disimpan terlebih dahulu ditempat yangh sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Selanjutnya, siapkan polybag berisi media tanam berupa campuran tanah halus, pupuk kandang dan sedikit pasir. Bagian bawah polybag dilubangi agar air dapat keluar.
  • Jika sudah siap, semaikan biji dandelion tersebut ke media tanam dalam polybag. Setelah disemai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya. Tapi jika biji tersebut keluar saat penyiraman, maka timbun kembali dengan media tanamnya.

 

4. Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Dandelion

Sama halnya dengan perawatan tanaman hias lainnya, perawatan bunga dandelion tak begitu sulit. Laksanakan proses penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali 1 hari.

Pemupukan bisa dilaksanakan setiap 3 minggu 1 kali dengan memakai pupuk kandang, pemupukan ini dilaksanakan pada bagian tajuk tanaman.

Selain itu, laksanakan juga proses penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya secara rutin.

 

5. Masa Berbunga

Setelah 3 bulan setelah tanam, tanaman dandelion ini akan mulai berbunga. Meskipun dalam cuaca yang cukup ekstrim bunga dandelion akan tetap dapat menghasilkan bunga.

Pada saat awal berbunga, bunga akan berwarna kuning. Sedangkan bunga akan semakin putih saat mulai menua. Kepala bunga berdiameter sekitar 2-5 cm dan seluruhnya terdiri dari sinar kuntum.

Bunga yang matang kemudian akan berubah menjadi kepala jam, berbentuk bulat seperti jam. Buah buah ini saat masak kemudian akan diterbangkan oleh angin jarak-jauh.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 5 Cara Menanam Bunga Dandelion Terlengkap. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakannya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga  √ 4 Cara Budidaya Bunga Kamboja Terlengkap

Baca Juga  √ 8 Cara Budidaya Daun Seledri Terlengkap

Baca Juga  √ Cara Menanam Bunga Tulip Terlengkap

Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Lengkuas Terlengkap