√ 6 Cara Menanam Bunga Dahlia Terlengkap

Diposting pada

√ 6 Cara Menanam Bunga Dahlia Terlengkap Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id. Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Menanam Bunga Dahlia.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana cara menanam bunga dahlia agar menghasilkan buah yang lebat? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

√ 6 Cara Menanam Bunga Dahlia Terlengkap
√ 6 Cara Menanam Bunga Dahlia Terlengkap

 

Mengenal Bunga Dahlia

 

Dahlia merupakan salah satu tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan (perenial), berbunga di musim panas sampai musim gugur. Dahlia ini adalah bunga nasional dari negara Meksiko yang juga merupakan negara asal bunga ini.

Dahlia juga termasuk bunga yang terlambat dikembang-biakkan. Pada tahun 1872, negeri Belanda ini menerima sekotak umbi Dahlia yang dikirim dari Meksiko.

Dari sekotak umbi bunga Dahlia juga ternyata hanya satu umbi yang berhasil berbunga namun menghasilkan bunga indah yang berwarna merah dengan daun bunga yang runcing.

Ahli tanaman ini berhasil mengembangbiakkan Dahlia yang kemudian dinamakan Dahlia juarezii. Dahlia juarezii merupakan salah satu nenek moyang semua bunga Dahlia hibrida (persilangan) yang terdapat sekarang ini.

 

 

Manfaat Bunga Dahlia

 

  • Menurunkan tekanan darah.
  • Menurunkan kadar kolestrol.
  • Melancarkan pencernaan.
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Mencegah obesitas.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Menyehatkan tubuh.

 

 

Syarat Tumbuh Bunga Dahlia

 

Tanaman bunga dahlia ini sangat memerlukan tempat terbuka karena membutuhkan banyak sinar matahari tanpa ada kendala tertentu.

Tumbuhan dahlia dapat tumbuh di tanah lempung berpasir yang memiliki kandungan humus dan memiliki tata udara yang sangat baik dan lahan yang gembur dengan pH atau derajat keasaman tanah sekitar 6,0-8,0.

Tanaman dahlia hanya dapat tumbuh dengan sangat baik di daerah daratan tinggi dengan ketinggian sekitar 700-1.000 meter dpl.

 

 

Cara Menanam Bunga Dahlia

 

1. Kenali Dasar Penanaman

 

Mengetahui tentang apa saja yang perlu diketahui sebagai pemulaan dalam menanam bunga dahlia. Kunci dari penanaman bunga dahlia yang cukup baik ialah tentang cahaya matahari dan adanya sistem pengairan yang tidak tersendat dan lancar.

Bibit dari bunga dahlia ini juga tidak sulit untuk didapatkan dan juga tergolong hal yang mudah dibandingkan dengan bunga hias jenis lain. Anda bahkan bisa mencari dan mendapatkan bibit dahlia dari hampir setiap pedagang bunga yang ada.

Tidak hanya mendapatkan bunga dahlia yang sangat biasa anda bahkan bisa menghasilkan sebuah bunga yang telah silangkan dengan bunga yang lainnya dan akan menghasilkan bunga yang tidak kalah indah.

 

2. Persiapan Bibit Dahlia

 

Untuk mendapatkan bibit berkualitas, ada beberapa cara, yaitu dengan menggunakan biji, batang, dan umbi (akar). Apabila anda ingin menggunakan biji sebagai bibit, maka anda harus melalui proses penyemaian terlebih dahulu seperti saat anda menanam bunga matahari.

Apabila ingin tidak ingin ribet, anda bisa membeli bibit jadi di toko tanaman hias terdekat. Pastikan bibit dalam keadaan segar dan tidak terserang hama dan penyakit.

 

3. Penyemaian Bibit Dahlia

 

Terdapat beberapa teknik cara dalam penyemaian bibit bunga dahlia ini, cara perbanyakan bibit dapat dapat dilakukan dengan menggunakan biji benih (Umbi bunga dahlia).

Umumnya benih dahlia ini diambil dari tanaman dahlia yang sehat dan sudah berusia sekitar 5 bulan. Selanjutnya biji benih tersebut langsung disemai di bedeng semai.

Bedengan semai dibuat dengan panjang sekitar 1 meter atau disesuaikan dengan panjang lahan. Bedengan tersebut dibuat dari hasil percampuran pupuk kandang dengan humus dan tanah yang subur dengan perbandingan 1:1:1.

Bedengan dibuat setinggi 5 cm. Setelah bedengan ini jadi, sebarkan bibit tanaman bunga dahlia lalu tutup kembali permukaannya tipis-tipis saja dengan tanah.

 

4. Mempersiapkan Media Tanam

 

Untuk dapat memudahkan proses penanaman bunga dahlia maka sebaiknya anda terlebih dahulu untuk menyiapkan media tanam.

Berbeda dengan anda yang akan menanam langsung di tanah maka anda juga diharuskan untuk dapat menyiapkan lahan dan membersihkannya terlebih dahulu.

Namun jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas dan terbatas maka anda tetap bisa menikmati sebuah keindahan dahlia dengan menanamnya didalam pot.

 

5. Proses Penanaman Bunga Dahlia

 

Setelah bibit bunga dahlia dan media tanam utama siap, langkah selanjutnya dalam menanam bunga dahlia adalah dengan memindahkan bibit.

Buang plastik polybag apabila bibit yang anda beli menggunakan plastik polybag, cabut secara hati-hati agar akar tidak rusak apabila menggunakan pot kecil sebagai media semai.

Buat lubang tanam dengan ukuran sesuai bibit yang kamu miliki, tutup kemabli sambil dipadatkan untuk menjaga tanaman tidak roboh baik karena angin maupun saat dilakukan penyiraman.

Setelah pemindahan bibit selesai percikan air untuk menjaga kelembaban tanah. Manfaat lainnya guna mencukupi kebutuhan bibit baru anda beli.

 

6. Perawatan Bunga Dahlia

 

  • Penyiramaan

Penyiraman dilakukan untuk menjaga supaya tanah tidak kering. Kontrol secara rutin tanah dalam pot, apabila terlalu kering sesegera mungkin percikan air secukupnya. Karena apabila media tanam terlalu basah maka dapat menyebabkan pembusukan pada bagian akar.

 

  • Pemupukan Susulan

Sebenarnya pemupukan ini dilakukan hanya apabila tanaman kekurangan nutrisi, biasanya apabila menggunakan media pot pemupukan susulan dapat anda lakukan setiap 1-2 bulan sekali. Apabila anda mendapati tanaman kurang subur anda bisa memberikan pupuk kandang sesuai dosis disekitar tanaman.

 

  • Pemangkasan

Pemangkasan bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan lebih maksimal. Pangkas beberapa daun saat bunga mulai tumbuh. Tahap ini bertujuan supaya nutrisi terfokus pada pertumbuhan bunga.

Pemangkasan lainnya untuk mencegah serangan hama menyebar ke bagian lain, potong daun atau batang yang tidak produktif guna merangsang pertumbuhan cabang lebih banyak.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 6 Cara Menanam Bunga Dahlia Terlengkap. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakannya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga  √ 5 Cara Menanam Merica atau Lada Terlengkap

Baca Juga  √ 13 Cara Menanam Bunga Aster Terlengkap

Baca Juga  √ Cara Budidaya Kacang Merah yang Efektif dan Lengkap

Baca Juga  √ Cara Menanam Kumis Kucing yang Praktis dan Lengkap