√ Cara Budidaya Kemiri untuk Pemula Terlengkap

Diposting pada

√ Cara Budidaya Kemiri untuk Pemula Terlengkap

 

 

 

 

CaraBudidaya.Co.ID – Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id . Kali ini kita akan membahas mengenai cara budidaya kemiri secara lengkap.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana Cara budidaya kemiri? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 


 

Mengenal Kemiri

 

Kemiri atau Aleurites moluccana ialah tumbuhan yang bijinya digunakan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih saudara dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Dalam perdagangannya kemiri dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya dapat disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang disaring dari bijinya bermanfaat dalam industri untuk dipakai sebagai bahan campuran cat.

Pohon besar dengan tinggi mencapai 40 m dan gemang hingga 1,5 m. Pepagan abu-abu, sedikit kasar berlentisel. Daun muda, ranting, dan karangan bunga dihiasi dengan rambut bintang yang rapat, pendek, dan berwarna perak mentega; seolah bertabur tepung. Dari kejauhan tajuk pohon ini nampak keputihan atau keperakan.

Daunnya tunggal, berseling, hijau tua, bertangkai panjang sampai 30 cm, dengan dua kelenjar di ujung tangkai. Helai daun berwarna bundar, bundar telur lonjong atau berbentuk segitiga, berdiameter  30 cm, dengan pangkal bentuk jantung, bertulang daun menjari hanya pada awalnya, bertaju 3-5 bentuk segitiga di ujungnya.

Perbungaan dalam malai thyrsoid yang terletak terminal atau di ketiak ujung, panjang 10–20 cm. Bunga-bunga berkelamin tunggal, putih, bertangkai pendek. Bunga-bunga betina berada di ujung malai payung tambahan; bunga-bunga jantan yang lebih kecil dan mekar lebih dahulu berada di sekelilingnya, berjumlah lebih banyak. Kelopak bertaju 2-3; mahkota bentuk lanset, bertaju-5, panjang 6–7 mm pada bunga jantan, dan 9–10 mm pada bunga betina. Buah batu agak bulat telur gepeng, 5-6 cm × 4-7 cm, hijau zaitun di luar dengan rambut beledu, berdaging keputihan, tidak memecah, berbiji-2 atau 1. Biji bertempurung keras dan tebal, agak gepeng, hingga 3 cm × 3 cm; dengan keping biji keputihan, kaya akan minyak.


 

Syarat Tumbuh Tanaman Kemiri

 

  • Kemiri dapat tumbuh dengan subur pada tanah-tanah kapur, tanah-tanah berpasir di pantai.
  • Tetapi dapat juga tumbuh pada tanah-tanah podsolik yang kurang subur sampai yang subur dan pada tanah-tanah latosol.
  • Tanaman kemiri bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di ketinggian 0-800 meter diatas permukaan laut, meskipun di beberapa tempat bisa juga tumbuh di ketingian 1.200 meter dari permukaan laut.
  • Tanaman kemiri bisa tumbuh di lahan yang datar, bergelombang dan bertebing-tebing yg curam.
  • Tanaman kemiri bisa tumbuh di daerah  yang memilki iklim kering dan basah.
  • Tanaman kemiri juga bisa tumbuh di daerah dengan jumlah curah hujan 1.500-2.400 mm per tahun dan suhu 20°C-27°C.

 


 

Cara Budidaya Kemiri

 

1.Persiapan Bibit Kemiri

Perbanyakan tanaman kemiri dapat dilakukan melalui biji (secara generatif) atau melalui sambungan (cara vegetatif) atau memperolehnya dari produsen bibit yang telah diketahui asal-usul

Metode pembibitan dari biji :

Benih kemiri didapat dari buah yang masak, dan dapat diperoleh setelah 3-4 bulan dari masa berbunga, buah masak akan jatuh. Buah yang berbiji satu disebut dengan biji jantan bentuknya yang bulat dan lama muncul cambahnya lebih panjang dari biji betina.

Beberapa cara perlakuan yang dapat dilakukan sebelum biji disemai antara lain :

  • Biji direndam dalam air dingin 15 hari, kemudian dipukul dengan palu kecil hingga biji retak
  • Usahakan pemukulan tidak terlalu keras, cukup asal belah sedikit.
  • Mengikir biji pada bagian yang akan keluar lembaga. Sesudah ± 45 hari semai siap disapih dan dilaksanakan seleksi semai dan yang harus diperhatikan pilih semai yang tegak lurus, sehat dan sehat dan ketika dilakukan pencabutan agar hati-hati agar akar tidak rusak/luka.

Biji yang diperoleh di semaikan dengan media tabur dari tanah dan pasir dengan perbandingan 1 : 2 dan campuran ini disaring dengan kawat saringan berukuran 2 mm. Lalu campuran ini sebaiknya disterilkan dulu dengan metode digoreng sebelum dimasukkan kedalam bak plastik dengan guna terbebas dari bibit penyakit. Biji kemiri disemai sedalam ± 2,5 – 10 cm. Pembibitan baru dapat digunakan setelah berumur 6 sampai 1 tahun.

 


2.Persiapan Lahan Tanam Kemiri

  • Bersihkan lahan dari gulma dan dari tanaman yang tidak bermanfaat.
  • Jarak tanam untuk tanaman kemiri untuk mengahsilkan biji adalah 10×10 meter, sedangkan bila untuk menghasilkan kayu untuk pulp, jarak tanamnya lebih rapat yaitu 4×4 meter.
  • Lakukan pengajiran sesuai dengan jarak tanam yang akan dipakai, pengajiran harus lurus muka, belakang dan kesamping kiri kanan. Pada ajir dibuat lobang dengan ukuran 60x60x60 cm.
  • Pada saat menggali lobang, sebagian tanah galian lapisan atas harus dipisahkan. Lalu tanah galian lapisan yang dibawah dicampur memakai pupuk kandang secara merata dengan perbandingan 1:1.
  • Jika penanam dimusim kemarau, lobang dapat langsung ditimbun dengan campuran media diatas, dan bibit dapat segera ditanam.
  • Saat musim hujan, dianjurkan melakukan campuran tanah dan pupuk kandang tersebut lalu dibiarkan sementara waktu di dekat lubang tanam. Tujuannya adalah untuk menurunkan kemasaman tanah. Setalah campuran tanah mengering sudah dapat dimasukan ke dalam lubang dan bibit dapat segera ditanam.

 


3.Penanaman Tanaman Kemiri

  • Penanaman dikerjakan pada awal musim hujan.
  • 7 hari sebelum saat dikerjakan pemupukan dengan pupuk an organik tiap-tiap lobang 75 gram urea + 50 gram kcl serta 50 gram sp.
  • Pemakaian pupuk hayati yang bermanfaat untuk pembenah tanah yang dapat melakukan perbaikan karakter fisik, kimia serta biologi tanah gunakan : bio p 2000 z + phosmit + air dengan perbandingan 1 : 1 : 180. siramkanlah di lobang tersebut 0, 5 liter air campuran tersebut.
  • Penanaman dikerjakan dengan menumpuk hingga batas leher akar, hati-hati akar jangan sempat bengkok. bila ada akar yang telah keluar baiknya dipotong.

 


4.Pemupukan Kemiri

Kegiatan pemupukan dengan mengunakan pupuk kandang (organik) atau pupuk kimia (anorganik) yang diberikan setiap sekali setahun dengan dosis untuk tanaman muda cukup 2 kg/pohon, sedangkan untuk tanaman kemiri telah berproduksi dengan pupuk kandang 10-30 kg/pohon.

 

 


5.Pemangkasan Kemiri

Pemangkasan tanaman kemiri bertujuan supaya tanaman tidak terlalu tinggi dan percabangannya lebih banyak sehingga mudah melakukan panen serta mempermudah perawatan seperti penyemprotan hama dan penyakit dan membuang benalu. Dapat mempermuda bagian tanaman yang sudah tua.

Dapat memacu tanaman berbunga dan berbuah (mengatur C/N ratio), karena C/N ratio besarnya sedang, bisa merangsang pembungaan. Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan, untuk pembentukan tunas-tunas baru memerlukan banyak air. Pemangkasan dilakukan terhadap cabang-cabang yang lemah, rusak, mati, sakit, dan yang terlalu berdesakan agar udara dan sinar matahari masuk kedalam kanopi tanaman. Waktu pemberian pupuk dapat bersamaan dengan pemangksan ini.

 


6.Hama Tanaman Kemiri

Kemiri merupakan tanaman yang kurang diganggu oleh hama penyakit namun ada beberapa hama dan penyakit yang perlu diketahui kadang menyerang tanaman kemiri antara lain:

  • Hama yang menyerang daun: tungau (Tetranichiadae), moluska dan penggerek daun.
  • Hama yang menyerang batang ialah hama penggerek batang biasanya dari famili Ceramicyadae.
  • Hama yang menyerang akar kemiri ialah dari golongan rayap.
  • Hama yang menyerang buah/biji: Larva Dacus sp. dan kumbang penggerek buah.

Penyakit Tanaman Kemiri antara lain Penyakit hawar daun cendawan, penyakit antraknosa, dan penyakit gugur buah muda.

 


7.Pemanenan Kemiri

Tanaman kemiri memiliki dua produk yang diperoleh yaitu :

Buah kemiri yang dapat digunakan berbagai kebutuhan. Tanaman kemiri akan berbuah sesudah berusai 3,5 s/d 4 tahun. Buah dalam 1 tanaman cukup banyak dengan nilai cukup menjanjikan.
Kayu kemiri adalah kayu yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Setidak-tidaknya sebagai kayu bakar. Pertumbuhan tanaman kemiri yang relatif cepat merupakan suatu potensi pengadaan kayu untuk berbagai kebutuhan tersebut.

 

 

 

 


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Cara Budidaya Kemiri Untuk Pemula Terlengkap . Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakan nya. Terima Kasih

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Cara Budidaya Bunga Lotus yang Mudah dan Lengkap

Baca Juga  √ Cara Menanam Bunga Sedap Malam yang Baik Secara Lengkap
Baca Juga  √ Cara Menanam Lidah Mertua yang Mudah dan Lengkap
Baca Juga  √ Cara Menanam Pohon Bambu untuk Pemula Terlengkap
Baca Juga  √ Cara Menanam Bunga Rosella yang Benar dan Lengkap