√ Cara Budidaya Kacang Merah yang Efektif dan Lengkap

Diposting pada

√ Cara Budidaya Kacang Merah yang Efektif dan Lengkap

 

 

CaraBudidaya.Co.ID – Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id . Kali ini kita akan membahas mengenai cara budidaya kacang merah secara lengkap.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana Cara budidaya kacang merah? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 


 

Mengenal Kacang Merah

 

Kacang merah atau Phaseolus vulgaris L. berasal dari Negara Amerika. Penyebarluasan tanaman kacang merah dari Amerika ke Eropa dimulai sejak abad 16. Daerah pusat penyebaran yaitu Negara Inggris dan pengembangan dimulai dari tahun 1594, ke Negara Eropa dan Afrika hingga ke Indonesia.

Pembudidayaan tanaman kacang merah di Indonesia sudah menyebar luas ke berbagai daerah. Tahun 1961-1967 luas areal penanaman kacang merah di Indonesia berkisar 3.200 Ha, tahun 1969-1970 seluas 20.000 Ha dan tahun 1991 mencapai 79.254 Ha dengan produksi 168.829 ton. Di Indonesia, daerah yang banyak ditanami kacang jogo adalah Lembang (Bandung), Pacet (Cipanas), Kota Batu (Malang), dan Pulau Lombok (Astawan, 2011).

Tanaman kacang merah termasuk dalam tanaman semak merambat yang memerlukan penyangga ketika tumbuh. Kacang merah dapat tumbuh mencapai tinggi sekitar 3,5 m hingga 4,5 m. Sedangkan buahnya berbentuk polong serta memanjang. Didalam satu polong biasanya ada 2 hingga 3 biji kacang merah. Bentuk biji kacang merah mempunyai ukuran lebih besar daripada biji kacang hijau ataupun kacang panjang dengan kulit biji berwarna merah tua atau merah bata.

 


 

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Merah

 

  • Jenis iklim yang ideal untuk budidaya kacang merah ialah iklim basah. Ketinggian antara 1300-2300 meter dpl.
  • Suhu yang ideal untuk budidaya kacang merah adalah berkisar antara 19-24 derajat celcius.
  • Tanah yang paling bagus untuk budidaya kacang merah ialah jenis tanah androsol yang mempunyai kandungan bahan organik yang tinggi.
  • PH tanah ideal untuk budidaya kacang merah antara 5,5 – 6.
  • Curah hujan untuk tanaman kacang merah berkisar antara 1500 – 2500 mm/tahun.

 


 

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

 

  • Melancarkan pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengendalikan nafsu makan
  • Mencegah kanker
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Meredakan migrain
  • Menurunkan risiko katarak
  • Meredakan asma
  • Menguatkan tulang
  • Membuang racun-racun tubuh

 


 

Cara Budidaya Kacang Merah

 

1.Persiapan Bibit Kacang Merah

Untuk mendapatkan benih kacang merah, bisa membelinya di toko pertanian. Atau bisa menggunakan biji kacang merah yang sudah tua di pohon , yakni yang tidak memiliki cacat dan warnanya agak mengkilap. Bibit tersebut direndam terlebih dahulu di dalam air selama 15 menit sebelum ditanam.

 


 

2.Pengolahan Lahan Tanam Kacang Merah

Lahan yang akan ditanami kacang merah harus diolah terlebih dahulu untuk membuat karakteristiknya lebih remah, gembur, dan mempunyai drainase yang baik. Pengolahan tanah dilakukan dengan mencangkulnya hingga sedalam 10-20 cm. Setelah itu, lahan tadi dibiarkan selama 5-7 hari agar kondisinya normal kembali.

 


 

3.Proses Penanaman Kacang Merah

Penanaman kacang tanah ini sebaiknya dilakukan pada musim kemarau setelah menanam padi apa bila penanaman dilakukan di lahan persawahan dan apabila ditanam pada lahan tegalam maka sebaiknya penanaman di lakukan pada awal musim penghujan.

Cara penanaman kacang merah ini biasa dilakukan dengan cara ditugal dengan jarak tanam sekitar 40cmx10cm atau 40cmx15cm dan setiap lubang tanam diisi dengan 2 biji kacang merah.

 


 

4.Perawatan Tanaman Kacang Merah

 

  • Penyulaman

Penyulaman dapat dilakukan ketika tanaman telah berumur 14 hari. Ketika tanaman berumur 14 hari benih sudah mulai tumbuh tunas. Periksalah seluruh tanaman yang ada dilahan jika ditemukan tanaman yang tumbuh tidak normal atau bahkan tidak tumbuh segera diganti dengan benih yang baru. Proses penyulaman harus dilakukan benar-benar teliti agar mendapatkan hasil panen yang maksimal nantinya.

 

  • Pemupukan

Pemupukan susulan dibutuhkan oleh tanaman kacang merah untuk pertumbuhan dan pembentukan bunga juga buah. Proses pemupukan diberikan sebanyak 2x yaitu waktu tanaman berusia 15 hari dan 35 hari setelah tanam, Pupuk diberikan bersamaan dengan kegiatan penyiangan. Pupuk dimasukkan ke dalam lubang tugal yang berjarak 15 cm dari tanaman atau disebar pada alur larikan antar barisan tanaman, kemudian ditutup dengan tanah. Jenis pupuk yang diberikan yaitu pupuk organik N, P, K dengan menggunakan urea, sp 36, dan kcl dengan perbandingan ( 2 : 1 : 1 ) 1500 m2.

 

  • Penyiangan

Lakukan penyiangan sebanyak 1-2 kali sebelum tanaman memasuki masa berbunga, yaitu pada umur 21 dan 37 – 42 hari setelah tanam. Tujuan penyiangan ialah untuk menekan persaingan unsur-unsur hara antara kacang merah dengan gulma, memperkecil atau mengurangi sumber inang hama penyakit, serta menggemburkan tanah sehingga memudahkan bagi ginofor masuk kedalam tanah.

 

  • Pengairan

Apabila penanaman di lakukan pada musim kemarau, pengairan dilakukan pada umur 1 – 15 hari. Pengairan dikerjakan 2x sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Apabila penanaman dilakukan pada musim hujan, kelebihan air dapat disalurkan melalui parit diantara bedengan dan guludan.
Tanah bedengan mesti tetap lembab agar biji kacang merah bisa berkecambah dan tumbuh dengan baik.

 


 

5.Penanganan Hama Kacang Merah

Hama yang biasanya mengganggu pertumbuhan pohon kacang merah biasanya adalah kumbang daun atau Henosa Pilachna Signatipennis dan ulat pengerek daun atau Etiella Zinckenella. Pencegahan dan mengatasi tanaman yang sudah terserang hama-hama ini bisa menggunakan insektisida organik atau kimiawi. Penggunaan insektisida bisa dilakukan 4 hari sekali.
Pestisida organik yaitu berupa bawang putih , jahe, cabe rawit , sambiloto dan jeruk.

 


 

6.Proses Pemanenan Kacang Merah

Pemanenan kacang merah dapat dilakukan ketika tanaman telah berumur 2 bulan lebih. Proses pemanenan dapat dilakukan setiap 3 hari sekali sampai umur tanaman kacang merah 3 bulan.

Cara pemanenan kacang merah hanya bisa dipanen dengan menggunakan tangan kosong. Hindari pemanenan kacang merah dengan menggunakan alat potong karena apabila polong terbuka akibat penggunaan alat potong yang terjadi adalah bakteri dari luar akan merusak biji kacang merah dan jelas kualitas kacang merah menurun.

Ciri – ciri kacang merah siap panen :

  • Polong kacang merah telah berwarna kusam
  • Kulit polong terlihat lebih kasar
  • Polong kacang merah belum terlalu menonjol.

 

 


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Cara Budidaya Kacang Merah yang Efektif dan Lengkap . Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakan nya. Terima Kasih

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ 8 Cara Budidaya Daun Seledri Terlengkap
Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Kencur Terlengkap
Baca Juga  √ 5 Cara Menanam Lidah Buaya Terlengkap
Baca Juga  √ 5 Cara Budidaya Bunga Mawar Terlengkap
Baca Juga  √ Cara Menanam Tanaman Kuping Gajah yang Baik dan Lengkap