√ Cara Budidaya Delima yang Tepat dan Lengkap

Diposting pada

√ Cara Budidaya Delima yang Tepat dan Lengkap

 

 

CaraBudidaya.Co.ID – Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id . Kali ini kita akan membahas mengenai cara budidaya delima secara lengkap.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana Cara budidaya delima? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

 


 

Mengenal Delima

 

Delima atau Punica Granatum merupakan tanaman buah-buahan yang bisa tumbuh sampai 5–8 m. Tanaman ini diklaim berasal dari Iran, namun sudah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania.

Bentuk pohon perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2–5 m. Mempunyai batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua. Daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berkelompok. Helaian daun bentuknya lonjong sampai lanset, pangkal lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengkilap, panjang 1–9 cm, lebar 0,5–2,5 cm, warnanya hijau.

Bunga tunggal memiliki tangkai pendek, keluar di ujung ranting. Umumnya, terdapat 1 – 5 bunga, warnanya merah, putih, atau ungu. Berbunga sepanjang tahun. Buahnya buah buni, bentuknya bulat dengan diameter 5–12 cm, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman. Kadang, terdapat bercak-bercak yang agak menonjol berwarna tebih tua. Bijinya banyak, kecil-kecil, bentuknya bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, warnanya merah, merah jambu, atau putih.

 


 

Syarat Tumbuh Delima

 

  • Delima merupakan jenis subtropik yang bisa bertahan hidup pada suhu musim dingin yang rendah (-10° C).
  • Jenis ini tidak akan berbuah dengan baik di daerah yang beriklim sangat lembap.
  • Pada keadaan lingkungan yang kering diperlukan pengairan untuk mempertahankan tingkatan hasil yang tinggi.
  • Pohon delima tumbuh dengan baik pada ketinggian 1600 m dpl.


 

Cara Budidaya Delima

 

1. Persiapan Bibit Buah Delima

Bibit buah delima dapat diperoleh melalui biji, cangkok atau stek batang dan juga dari tunas. Namun, supaya cepat berbuah gunakan bibit dari cangkok batang. Apabila ingin penanam dari biji maka harus melakukan penyemaian terlebih dahulu.

Berikut adalah cara penyemaian biji benih delima:

  • Pilihlah buah delima yang sudah tua,kemudian belah dan ambil bijinya.
  • Jemur biji buah delima tersebut selama sekitar satuhari di bawah terik matahari.
  • Jika sudah kering, letakkan biji pada tempat yang teduh dan diamkan selama semalaman.
  • Sebelum disemai, biji buah delima haruslah direndam terlebih dahulu dengan air hangat selama sekitar 4 jam.
  • Tiriskan dan kerjakan penyemaian biji benih pada media semai yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Lakukan penyiraman secara teratur yaitu pada pagi dan sore hari hingga bibit tumbuh dan dapat dipindah tanamkan ke lahan tanam.

 


 

2.Persiapan Lahan Tanam Delima

  • Buatlah lubang dengan ukuran 50 x 50 x 50cm atau 60 x 60 x 60 cm.
  • Siapkan campuran tanah+kompos/pupuk kandang yang terfermentasi + sekam untuk bahan penutup lobang tanam, supaya media tanaman kaya dengan nutrisi yang diperlukan tanaman.
  • Biarkan terlebih tanah yang telah digali selama 3 hari untuk menghilangkan gas-gas racun pada tanah.

 


3.Penanaman Buah Delima

  • Penanaman yang baik dapat di lakukan saat cuaca tidak terlalu terik namun juga tidak saat keadaan lahan tananam becek atau setelah hujan .
  • Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan proses ini .
  • Buat lubang sedalam 30 Cm / tergantung dari bibit yang di tanam
  • Masukan bibit kedalam lubang tersebut dan timbun kembali menggunakan tanah yang sudah di campuri sedikit pasir .

 


4.Perawatan Pohon Delima

 

  • Penyiraman

Lakukan penyiraman 1x sehari yaitu pada pagi atau sore hari. Penyiraman ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti embrat.

 

  • Pemangkasan

Untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah maka lakukan pemangkasan. Setiap 5 cm pada batang utama delima akan tumbuh sepasang cabang berhadapan.

Cabang ini tumbuh mendatar membentuk sudut 90 dengan batang utama. Untuk tanaman di lahan, pangkas 150-175 cm di atas permukaan tanah. Semua cabang primer yang tumbuh pada cabang utama setiap 10-20 cm di pelihara, sedangkan cabang primer lainya dibuang. Pangkas cabang primer yang diperlihara 5-10 cm dari ujung cabang setelah tumbuh panjang sekitar 50-60 cm. Hal yang sama dilakukan pada pemangaksan cabang sekunder (cabang yang tumbuh pada cabang primer).

 

  • Pemupukan

Pada saat delima berumur 1 bulan, mulai lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK dengan kadar N tinggi sebanyak 25-100 g per pohon atau campuran urea:SP-36:KCl (3:2:1) sebanyak 25-100 g. Pupuk diberikan dengan membenamkan dalam media tanam. Pemberian pupuk dilakukan setiap empat bulan sekali.

Setelah pohon delima memasuki usia 23 bulan, berikan pupuk NPK dengan kadar seimbang sebanyak 50-100g per pohon atau campuran urea:SP-36:KCl (1:2:2) sebanyak 25-100g per pohon. Pemberian pupuk dilakukan setiap empat bulan sekali.

 


5.Pengendalian Hama dan Penyakit Buah Delima

 

  • Hama ulat daun dan belalang

Hama ini ditandai dengan adanya daun-daun yang berlubang. disebabkan oleh hama ulat daun dan belalang. Pengendaliannya : gunakan insektisida yakni Diazinon 60 EC dengan konsentrasi 2 cc/ liter air.

 

  • Penyakit antraknose

Penyakit lain yang sering menyerang tanaman buah delima adalah antraknose. Penyakit ini ditandai dengan Pentil dan buah muda delima berwarna kecokelatan dan mengeras. Pengendalian dengan melakukan penyemprotan pentil buah delima dengan Dithane M45 80 WP atau Antracol dengan konsentrasi 2 g/ lier air

 


 

6.Pemanenan Buah Delima

Buah delima dapat berbuah dalam waktu 1 tahun tanam. Namun, jangan khawatir apabila beberapa tahun pertama buahnya matang terlambat, atau turun sebelum jatuh tempo. Butuh waktu 5 sampai 6 tahun supaya pohon bisa matang dan menghasilkan panen yang besar.

Ciri – ciri delima siap panen saat mencapai warna kulitnya yang matang, terasa berat, dan terdengar metalik saat disadap. Jika dibiarkan di pohon terlalu lama, mereka akan terbelah dan juga bisa terbelah jika hujan pada musim panen.

Buah harus dipanen dengan cara potongan pemangkasan , dan tidak ditarik dari dahan. Mereka dapat disimpan secara keseluruhan di tempat yang sejuk selama beberapa minggu, atau dalam pendinginan selama 3 bulan.

 

 


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Cara Budidaya Delima yang Tepat dan Lengkap . Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakan nya. Terima Kasih

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ 9 Cara Mudah Menanam Buah Jeruk Yang Mudah dan Benar Agar Menghasilkan Buah Yang Lebat Terlengkap

Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Buah Pepaya California Terlengkap
Baca Juga  √ Cara Menanam Semangka Kotak yang Efektif Secara Lengkap
Baca Juga  √ Cara Menanam Talas Jepang yang Efektif Secara Lengkap
Baca Juga  √ 5 Cara Menanam Labu Kuning Terlengkap