√ 6 Cara Budidaya Bunga Lily Terlengkap

Diposting pada
√ 6 Cara Budidaya Bunga Lily Terlengkap
5 (100%) 14 votes

√ 6 Cara Budidaya Bunga Lily Terlengkap Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id. Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Budidaya Bunga Lily.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana cara menanam bunga lily yang baik dan benar? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

√ 6 Cara Budidaya Bunga Lily Terlengkap
√ 6 Cara Budidaya Bunga Lily Terlengkap

 

Mengenal Bunga Lily

 

Bunga lily merupakan salah satu bunga di musim panas dengan nama latin marganya (genus) ialah Lilium. Bunga yang tumbuh dari umbi ini juga memiliki ciri-ciri kelopak bunga yang lebar seperti terompet, memiliki putik yang tumbuh seperti korek api, daunnya hijau terang dan juga ditopang oleh tangkai yang ramping memanjang.

Bunga lily ini berasal dari Asia Barat dan Mediterania ini juga tumbuh dengan sangat indah dan memiliki bermacam-macam warna yang menarik.

Jadi jangan heran jika banyak orang akan betah memandangnya bahkan dalam waktu yang lama. Selain dari bentuknya yang sangat indah, bunga lily rata-rata juga bisa menebarkan aroma wangi yang semerbak.

Bunga bakung atau yang lebih juga dikenal dengan bunga lili merupakan bunga yang memiliki warna yang indah dan harum.

 

 

Jenis Bunga Lily Berdasarkan Warna

 

1. Bunga Lily Putih
Warna putih yang selalu diwakilkan atas segala sesuatu yang bersifat suci dan bersih. Sama seperti pada makna yang terkandung dalam bunga lily putih.

Bunga ini juga dilambangkan sebagai lambang kesucian, kemurnian, ketulusan, kemuliaan, pengabdian juga persahabatan. Salah satu jenis dari lily yang berwarna putih yakni Casablanca Lily.

Bunganya yang benar-benar melambangkan sesuatu yang suci, bersih dan sangat menawan.

 

2. Bunga Lily Kuning
Menurut psikologi, warna kuning ini dapat memberikan sebuah kesan dan perasaan bahagia bagi penyukanya. Namun jika berlebihan, juga akan dapat memberikan perasaan depresi atau tertekan.

Tidak jauh dari sebuah makna bunga lily yang kuning. Bunga ini juga sering dikonotasikan sebagai sebuah lambang perasaan bahagia. Namun, juga terkadang dapat diartikan sebagai kepalsuan dan kebohongan.

Salah satu dari jenis lily yang berwarna kuning yakni bunga daylily kuning atau dalam bahasa Inggris disebut yellow daylily.

 

3. Bunga Lily Merah
Bunga lily merah ini juga dikenal sebagai suatu lambang kemakmuran dan kekayaan yang sangat berlimpah. Seperti yang sudah dikatakan dalam ilmu psikologi, warna merah ini akan selalu dilambangkan sebagai sumber kekuatan, gairah yang membuncah, dan energi yang besar.

Itulah yang terus mendasari bunga lily merah dikonotasikan sebagai simbol sebuah kekayaan dan kemakmuran. Karena dari kekuatan, gairah juga energi yang sangat besar menggambarkan kemakmuran juga kekayaan yang berlimpah ruah.

 

4. Bunga Lily Orange
Lily orange ini dikenal sebagai lambang kebencian, kesombongan dan penghinaan. Sebagaimana dalam filosofi warna orange adalah warna yang dapat memberikan semangat dan rasa optimis juga percaya diri yang tinggi.

Namun jika warna orange itu terlalu dominan atau juga terlalu banyak maka dapat ditafsirkan sebagai hal negatif. Salah satudari  jenis lily yang berwarna orange ialah bunga Tawny Daylily atau orange daylily.

 

 

Cara Menanam Bunga Lily

 

1. Pemilihan Benih Umbi Lily

Benih umbi lili yang dapat dipilih yaitu benih yang tidak memiliki berbagai lapisan kulit luar. Karena benih yang masih memiliki berbagai lapisan kulit luar akan sangat sulit tumbuh.

 

2. Pembibitan Bunga Lily

Bibit bunga lily ini juga bisa di dapatkan dari umbi tanaman induk yang telah cukup umur. Rendam bibit yang sudah dipilih selama 12-24 jam.

Selanjutnya baru bisa disemaikan agar perawatan dapat difokuskan sehingga saat penanaman bunga nanti peluang tumbuhnya besar.

Benih ditanam pada media persemaian yang terbuat dari campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Letakkan media semai pada tempat yang teduh dan terhindar dari panas matahari dan air hujan secara langsung. Lakukan penyiraman agar sebuah kelembaban akan terjaga tetapi jangan terlalu banyak air karena akan membuat tanaman membusuk.

 

3. Penanaman Bunga Lily

  • Silahkan pindahkan sebuah bibit yang sudah tumbuh tunas di lahan tanam, baik pada pekarangan atau pun pot.
  • Sebelumnya buat media tanamnya dengan campuran pasir, tanah, dan juga kompos dengan perbandingkan 1 : 1 : 1.
  • Lakukan proses pemindahan bibit dengan hati-hati, agar nantinya batang serta akar bibit tak rusak. Ada baiknya proses penanaman Anda lakukan di saat sore hari, agar bibitnya tidak layu.

 

4. Pembersihan Mulsa

Tujuan dari pemberian mulsa ini yaitu untuk melindungi akar bunga lili dari cuaca yang tidak menentu. Gunakan mulsa yang sangat tepat.

 

5. Pemupukan Bunga Lily

Pemupukan ini sebaiknya harus dilakukan saat akar bunga lili sudah mulai tumbuh. Akan tetapi, pemberian pupuk tersebut juga jangan terlalu banyak karena tanaman bunga lili cukup kuat dan tidak akan membutuhkan banyak pupuk.

Berikan pupuk yang biasa digunakan untuk sebuah tanaman umbi. Pemberian pupuk ini juga bisa dilakukan setelah satu bulan sejak pemupukan awal.

 

6. Penyiraman dan Pemangkasan Bunga Lily

Lakukan sebuah penyiraman secukupnya saja, karena tanaman lily ini tidak memerlukan banyak air. Selain penyiraman, perawatan juga perlu dilakukan agar pada tanaman lily tetap berbunga yaitu pemangkasan.

Lakukan pemangkasan sepertiga batang beserta bunganya dan biarkan bagian yang tersisa tetap tumbuh dan menghasilkan bunga kembali.

 

 

Cara Merawat Tanaman Bunga Lily Putih

 

  • Tentukan posisi untuk menanam umbi bunga lily putih. Tempat yang terbaik yakni salah satu tempat yang memiliki drainase dan juga tersinari oleh matahari (minimal sepanjang setengah hari) secara cukup. Jika kita salah-salah dalam menentukan posisi dalam menanam bunga lily putih ini akan menyebabkan daun bunga terkena jamuran.
  • Jika sudah membeli umbi bunga lili maka kita juga dapat segera menanamnya dalam tanah. Jika memang belum sempat untuk bisa menanamnya, alangkah baiknya untuk disimpan dalam tempat yang cukup dingin dan gelap seperti lemari pendingin. Hal tersebut untuk sebuah pencegahan agar umbi bunga lily ini tidak tumbuh tunas, karena jika sudah tumbuh tunas maka Anda juga harus segera menanamnya.
  • Cara menanam umbinya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menggali lubang dengan kedalaman sekitar 10 – 15 cm dengan lebar menyesuaikan jumlah umbi bunga lily putih yang akan ditanam (15 cm dapat menjadi jarak antar umbi bunga lily putih). Setelah ditanam dan diberi pupuk tutup kembali dengan tanah dan segera siram, agar tanah yang bersentuhan dengan umbi bunga lily putih menjadi lembab.
  • Setelah itu jika dirasa suhu diluar akan menjadi dingin, kita dapat memberi mulsa atau jerami diatas tanah tempat bunga lily ditanam untuk menghindari bunga lily dari suhu rendah
  • Kemudian bunga ini dapat diberi pupuk dan disiram secara rutin agar pertumbuhannya akan tetap baik sepanjang tahun.
  • Setelah tanaman bunga lilu putih tumbuh dan mulai musim berbunga, Anda dapat memangkas tanaman tersebut setidaknya 1/3 batangnya agar bunga lily tetap terangsang pertumbuhannya untuk tahun-tahun berikutnya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 6 Cara Budidaya Bunga Lily Terlengkap. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakannya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga  √ 7 Cara Menanam Bunga Matahari Terlengkap

Baca Juga  √ 5 Cara Budidaya Kapulaga Terlengkap

Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Bunga Dahlia Terlengkap

Baca Juga  √ 10 Cara Menanam Bunga Melati Terlengkap