√ 9 Cara Menanam Cabe Di Jamin Berhasil & Sukses Dalam Bisnis

Diposting pada
√ 9 Cara Menanam Cabe Di Jamin Berhasil & Sukses Dalam Bisnis
5 (100%) 6 votes

√ 9 Cara Menanam Cabe Di Jamin Berhasil & Sukses Dalam Bisnis – Cabe merupakan bumbu yang selalu ada hampir di semua masakan Indonesia. Sebab orang Indonesia gemar sekali dengan pedas sehingga ketika harga cabe naik, pastilah timbul kehebohan di kalangan masyarakat apabila seperti rumah makan dengan ciri khas pedas nya, dengan pasti akan menaikan harga jualnya kepada masayrakat sehingga akan menimbulkan keluh kesah di berbagai kalangan.

Selain cabe rawit dan cabe merah besar, ada beberapa jenis cabe yakni cabe kathur, cabe keriting, cabe Jalapeno, cabe gendot, dan paprika.Namun cabe yang menjadi primadona di Indonesia adalah jenis cabe rawit dan cabe merah.

Harga cabe sendiri sering mengalami fluktuasi atau naik turun pada komoditasnya. Hal ini dikarenakan cuaca yang tidak mendukung sehingga panen cabe yang di tanam tidak sesuai hasilnya.ataupun adanya industri hotel, restoran, kafe terlebih dulu memesan cabe hingga cabe yang beredar di masyarakat menjadi langka. Ketika terjadi kelangkaan cabe, maka tentu saja harganya pun menjadi melesat jauh dan berdapak pada masyarakat.

Jika Anda merupakan penggemar cabe dan harga terus menaik, lebih baik anda menanam sendiri cabai di sisa pekaranagan rumah anda dan jika anda tidak memiliki halaman anda cukup menanamnya di pot yang ukuran sedang dan lebih praktis dan jika cabai telah tumbuh Anda hanya tinggal memetik saja di halaman Anda. Tidak usah khawatir, cara menanam cabe mudah kok.

 

√ 10 Panduan Cara Menanam Cabe Di Jamin Berhasil & Sukses Dalam Bisnis

 

 

Anda juga tidak perlu membutuhkan lahan yang luas dan artikel ini akan membahas tentang √10 Cara Menanam Cabai di Jamin Berhasil & Sukses Dalam Bisnis semoga kalian dapat mencoba nya dan dapat mengatasi permasalahan dalam bumbu masakan anda dan yang terpenting lebih hemat, selamat mencoba

10 Cara Menanam Cabai di Jamin Berhasil & Sukses Dalam Bisnis

 

 

1. Memilih Lokasi Penanaman Bibit Cabe yang Benar

 

Cara menanam cabai pertama dengan memilih lokasi tempat peletakan cabai yang akan di tentukan, tentu kalian ingin tanaman cabai yang anda tanam ingin tumbuh dengan subur dan hasil yang baik, karena cabai dapat tumbuh dengan subur dan baik kalau semua kebutuhannya dapat tercapai.

 

 

2. Cara melakukan pengolahan lahan yang benar sebelum ditanami cabe

 

Cara menanam cabai berikutnya akan sedikit lebih susah karena kalian akan disuruh langsung melakukan praktek langsung kelapangan, namun sebelum itu melakukan praktek ada baiknya untuk membaca tahap-tahap mengolah lahan tanam dengan benar sebagai berikut:

  • Hal pertama bersihkan tanah dari tumbuh atau hama lainnya seperti rumput maupun tanaman yang sudah tidak digunakan, lalu cangkul tanah dengan rapi memanjang agar bisa ditanami lebih banyak bibit cabai
  • Selanjutnya kalian bisa menaburkan kapur di tanah yang sudah digemburkan untuk mendapat hasil yang lebih maksimal, tunggu kurang lebih 8 sampai 9 hari. Kegunaan kapur ini dapat menaikan ataupun menurunkan pH tanah.
  • Berikut pilih pupuk yang kalian minati, tapi saran dari kami pilih saja pupuk kandang karena tanman akan lebih sehat dibandingkan pupuk kimia
  • Keempat kalian hanya perlu menunggu pupuk tadi meresap ke tanah dengan rata kurang lebih 5 sampai 6 hari saja
  • Selanjutnya kalian bisa membuat lubang untuk menaruh bibit cabai dengan jarak 40 – 50 cm
  • Lalu diamkan selama 1 minggu

 

 

3. Membuat Bedengan

 

Bendengan

 

Apbila Ingin menanam budidaya cabai dengan skla yang besar maka harus membuat bendengan ,agar tanaman cabe rawit dapat tumbuh dengan sempurna, kita sebaiknya melakukan pembuatan bendeng pada bagian atas dari lahan yang dapat digunakan dengan lebar yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 1 meter, dengan ketinggian sekitar 30 cm, dengan panjang yang disesuaikan pada lahan yang akan digunakan.

Pada bendengan yang sebelumnya telah dibuat dan dilakukan pemberian jarak antar bendeng agar tidak terlalu rapat sehingga dapat berfungsi sebagai parit tempat air mengalir dengan jarak antar bendengan kurang lebih sekitar 50 – 70 cm.

Setelah di buat bendengan dengan ukuran yang telah disesuaikan, kemudian dilakukan proses penutupan terhadap bendengan yang akan digunakan dengan menggunakan plastik, sebaiknya dibuatkan lubang tanam dengan menggunakan sebuah kaleng. Untuk jarak yang diperlukan antar lubang tanam yang diperlukan adalah sekitar 50 – 70 cm dengan bentuk zig zag.

Terakhir, bendengan didiamkan terlebih dahulu dan ditutup dengan plastik yang sebelumnya telah digunakan dalam kurun waktu sekitar satu minggu, hal ini dilakukan sebelum proses dari penanaman tanaman rawit itu sendiri dimulai.

 

4. Bibit cabe

 

bibit cabai

Cara menanam cabe tentu saja berawal dari bibit yang terutama. Langkah pertama tentu saja harus memiliki bibit cabe yang berkualitas untuk di tanam. Cukup mudah memilih bibit cabe yang diinginkan cabe merah ataupun cabe rawit. Pilihlah bibit cabe yang masih segar.Lalu Kupas cabe ambil bijinya.

Setelah itu jemur di bawah sinar matahari sampai kering atau 1 hari penuh dengan terik matahari yang cukup. Cara lain untuk mendapatkan bibit cabe adalah dengan membeli bibit cabe di toko. Namun jika Anda hendak menanam cabe dalam skala kecil, lebih baik membuat bibitnya sendiri. Bibit cabe yang dijual di toko biasanya dalam sekala besar dan tentu saja mahal.

 

5. Menyemai cabe

 

Langkah selanjutnya adalah dengan menyemai cabe. Gunakan polybag ukuran kecil atau sedang sebagai media penyemaian. Lalu Masukkan tanah dan juga pupuk kompos. Campur hingga rata dan tingginya polybag. Masukkan bibit cabe pada polybag dan siram setiap hari secara rutin. Lebih rinci lagi, begini cara menyemai bibit cabe agar cepat tumbuh sempurna:

  • Siapkan terlebih dahulu tempat penyemaian. Biasa kita sebut dengan Polybag.
  • Masukkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1 antara keduanya.
  •  Letakan pada tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari selama 1 minggu sampai bibit mulai tumbuh.
  •  Rendam bibit dalam air hangat selama 5 jam.
  •  Lalu letakkan benih bibit cabai pada polybag yang sudah di persiapkan dan Tutupi benih dengan tanah kira-kira 2 cm saja kedalamannya.
  •  Tunggu hingga benih berkecambah atau tumbuh.
    g) Kemudian mulai diperkenalkan dengan sinar matahari langsung agar proses pertumbuhan cabai dapat bagus hasilnya.
  • Penanaman cabe
    Setelah berumur 4 minggu dan benih telah siap untuk di pindahkan lalu pindahkan benih cabe pada lahan yang telah disiapkan yang lebih luas.Dan Jangan lupa untuk menggemburkan tanah lahan dan memberikan pupuk agar tanah dapat selalu bagus dalam peroses pertumbuhan cabai. Berhati-hatilah saat melepaskan benih dari polybag agar akar tidak rusak dan tidak merusak cabai lainnya.
    Jika Anda tidak memindahkan cabai ke tempat yang lebih luas dan tetapm menaruhnya menggunakan polybag, anda dapat gunakanlah polybag dengan diameter minimal 30-40 cm. Namun anda Bisa juga menggunakan ember bekas yang tidak terpakai yang sudah dibersihkan dan steril.
    Gunakanlah perbandingan 3:2:1 dengan rincian tanah, pupuk, dan sekam mentah untuk tempat menanam.

 

6. Pemupukan cabe

 

Selama masa penanaman cabai, rajinlah memberi pupuk jika pupuk yang di letakan telah meresap ke dalam tanah. Anda dapat menggunakan pupuk kompos yang kualitas nya tidak kalah baik dengan petani dengan skala besar sehingga cabe yang di hasilkan akan menjadi lebih organik.

 

7. Perawatan cabe

 

Jangan lupa untuk menyirami cabe setiap hari dengan rutin. Dan juga seringlah melihat dan mengontrol cabai apakah ada tanaman lain ada yang tumbuh dan akan mengganggu pertumbuhan cabe. Jika ada cabut secara rutin agar cabe bisa tumbuh dengan baik.

 

8. Panen

 

Ketika cabe telah tumbuh sempurna. Anda bisa melakukan panen.Ternyata, menanam cabe pun bisa dilakukan secara mudah. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menanam cabe sendiri di rumah.

 

9. Pemasaran

 

Apabila anda sudah berhasil dalam membudidayakan cabai dalam skala besar maka akan lebih baik anda mencoba juga dalam berbisnis cabai di pasar-pasar atau juga anda bisa membuka usaha kuliner dengan khas cabai yang menantang, sehingga anda dapat nilai lebih dalam berbisnis anda bisa menikmati cabai, berbinis dengan pendapatan yang cukup fantastis, anda bisa menjualnya di pasar,pemasok ataupun rumah makan.

 

Demikian info yang dapat di berikan tentang bagaimana cara menanam tanaman cabe rawit mulai dari benih hingga menjadi tanaman yang siap panen dengan sempurna. Semoga anda bisa menanam cabe rawit sendiri sehingga bisa menghemat harga konsumsi cabe yang selalu naik di pasar anda juga dapat berbisnis apabila menanam cabai dengan skala besar untuk menambah pendapatan anda,semoga artikel ini dapat menjadi solusi dalam menanm cabai dengan benar dengan membahas artikel tentang √ 10 Cara Menanam Cabe Di Jamin Berhasil dan Sukses Dalam Bisnis dan bisa menjadi awal untuk berbisnis cabe rawit. Selamat Bercocok Tanam!

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga  √ 9 Cara Menanam Paprika Terlengkap
Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Labu Siam Terlengkap
Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Kemangi Terlengkap