√ 5 Cara Menanam Buah Leci Terlengkap

Diposting pada
√ 5 Cara Menanam Buah Leci Terlengkap
5 (100%) 15 votes

√ 5 Cara Menanam Buah Leci Terlengkap Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id. Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Menanam Buah Leci.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana cara menanam buah leci yang baik dan benar? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

√ 5 Cara Menanam Buah Leci Terlengkap
√ 5 Cara Menanam Buah Leci Terlengkap

 

Mengenal Buah Leci

 

Lici atau Leci merupakan salah satu buah-buahan dari genus Litchi yang tergolong familia lerak-lerakan Sapindaceae.

Pohon lici ini tumbuh di iklim tropis. Buah ini umumnya ditemukan di negara Tiongkok, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan serta Meksiko. Buah ini juga berbau wangi dan manis.

Buah Leci (Litchi) atau sering juga disebut sebagai Buah Lici yang merupakan salah satu tanaman buah favourit yang banyak disukai oleh masyarakat, rasanya yang sangat segar dan manis menjadikan buah leci ini kerap dapat dijadikan sebagai sebuah bahan pembuatan minuman.

Buah Leci sekilas nampak seperti buah rambutan, namun tidak memiliki rambut-rambut pada kulitnya, kulit buah leci ini memiliki duri kecil seperti Buah durian namun tidak tajam.

Jika dibuka, daging buah dan bijinya juga menyerupai kelengkeng. Buah leci ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibanding jenis buah yang lainnya.

 

 

Manfaat Buah Leci

 

  • Buah leci sebagai pencerah kulit.
  • Buah leci untuk mencegah kanker.
  • Buah leci untuk kesehatan jantung.
  • Buah leci untuk memperbaiki pencernaan.
  • Buah leci untuk nutrisi kulit.
  • Buah leci untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Buah leci untuk menangkal radikal bebas.
  • Buah leci untuk metabolisme tubuh.
  • Buah leci untuk mencegah penuaan dini.
  • Buah leci untuk memelihara rambut sehat.

 

 

Syarat Tumbuh Buah Leci

 

  • Leci tumbuh dengan cukup baik di daerah dingin dan membutuhkan cukup banyak air tapi tidak banjir.
  • Sebaiknya kedalaman air tanah yang cocok untuk suatu budidaya Leci hingga 1 meter, curah hujan yang tinggi di sekitar rata-rata 2.000 mm/tahun juga baik untuk sebuah budidaya leci.
  • Dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 700 m di atas permukaan laut merupakan salah satu daerah yang cocok untuk tumbuh leci.
  • Adapun suhu udara yang baik adalah sekitar 9-19 derajat Celsius selama musim hujan dan sekitar 25-33 derajat Celcius selama musim kemarau.

 

 

Cara Menanam Buah Leci

 

1. Persiapan Lahan Tanam

 

Lahan untuk budidaya leci diolah terlebih dahulu. Tanah lahan digemburkan dengan cara di bajak atau di cangkul sedalam sekitar 30 cm.

Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 60 cm x 60 cm x 60 cm. Tanah galian bagian bawah dan atas dipisahkan.

Lubang tanam kemudian di diamkan selama sekitar 2 minggu supaya gas beracun akan menguap dari tanah. Selanjutnya, tanah galian bagian bawah dapat dikembalikan ke lubang. Tanah galian pada bagian atas dicampur dengan pupuk kandang dan juga dikembalikan kembali ke lubang tanam.

 

2. Persiapan Bibit Buah Leci

 

Leci biji baik untuk kira-kira berusia sekitar 1-1,5 tahun, memiliki pertumbuhan yang sehat dan normal, dan ukuran seragam.

Harus dilakukan untuk beradaptasi benih maju di lokasi sekitar taman untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan setempat sekitar satu bulan sebelum tanam waktu.

Kebutuhan ukuran tergantung pada penanaman bibit leci jarak dan kesuburan tanah, jika lahan seluas 1 hektar dengan jarak tanam sekitar 14 mx 14 m atau 12 mx 12 m, dibutuhkan antara 50-70 batang bibit leci.

 

3. Menanam Bibit Buah Leci

 

  • Bibit buah leci hasil dari penyemaian biji bisa dipindahkan ketika telah mencapai sekitar 50cm.
  • Untuk memindahkan bibit kedalam lubang tanam (pot ataupun halaman rumah), maka perlu dilakukan penyiraman dahulu supaya memudahkan dalam melepas polybag semaian.
  • Robek polybag dengan menggunakan pisau, lalu pisahkan bibit beserta dengan tanah semaian.
  • Masukkan bibit dalam pot ataupun lubang tanam yang sudah disediakan, kemudian tutup dengan menggunakan sisa tanah yang telah ada. Lalu lakukan penyiraman setelah bibit selesai ditanam.

 

4. Perawatan dan Pemeliharaan Buah Leci

 

Penyiraman

Penyiraman atau pengairan pada tanaman leci ini dapat dilakukan secara teratur sebanyak 1-2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari, terutama pada saat tidak turun hujan.

Ketika tanaman memasuki usia dewasa penyiraman juga dapat dikurangi secara bertahap, namun dengan melihat dan memperhatikan pertumbuhan tanaman.

 

Penyulaman (Stitching)

  • Penyulaman, tujuan untuk selalu dapat menjaga jumlah tanaman leci di darat sesuai dengan populasi yang sesuai berdasarkan jarak dari perhitungan.
  • Menyulam waktu terbaik yaitu pada saat musim hujan untuk menanam Leci cepat menyesuaikan diri dengan salah satu tanaman yang ditanam di muka dan untuk bisa menjaga tanaman ini tidak mengering.
  • Penyulaman dapat dilakukan dengan cara membongkar Leci tanaman yang abnormal atau mati, dan kemudian diganti dengan bibit leci yang cukup sehat.

 

Instalasi Mulsa

  • Mulsa bertujuan untuk dapat menjaga stabilitas kelembaban tanah, menekan gulma, mengurangi penguapan air dari tanah dan menyuburkan tanah di bidang akar tanaman leci.
  • Mulsa umumnya dapat digunakan jerami padi dan jerami.
  • Pemasangan mulsa ini segera setelah mulai tanam.
  • Bagaimana menginstal mulsa yang baik yaitu untuk bisa menyusun jerami atau rumput kering menjadi bentuk seperti 3-5 cm tikar tebal, untuk dapat digunakan tanah perinukan dekat sekitar tajuk tanaman leci.

 

Penyiangan Dan Mengolah Tanah

  • Penyiangan juga bertujuan untuk dapat menghilangkan gulma dan tanaman leci gulma pesaing dalam kasus membutuhkan unsur air dan sinar matahari. Penyiangan yang pertama biasanya dilakukan setelah 2 minggu setelah tanam pada saat yang sama dapat melonggarkan tanah.
  • Penyiangan selanjutnya biasanya dapat dilakukan sekitar 1-2 bulan kemudian, yang disesuaikan untuk melihat pertumbuhan leci.
  • Penyiangan ini dilakukan dengan cara membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar batang atau kanopi Leci, kemudian menumpuk di lubang yang akan digunakan sebagai sebuah pupuk kandang atau kompos.

 

Pemupukan

Pemupukan mutlak juga diperlukan dalam budidaya Leci, untuk memastikan pertumbuhan dan produksi buah leci. Jenis-jenis pupuk yang digunakan yaitu pada pupuk organik dan anorganik. Pupuk organik ini dapat berupa kotoran ternak, kompos dan pupuk organik juga dapat menggunakan khusus diproduksi.

Untuk pupuk anorganik atau pupuk buatan parbik dapat digunakan menjadi pupuk tunggal, misalnya saja pada UREA, TSP, KCl, atau pupuk majemuk seperti NPK (15-15-15).

 

5. Masa Panen Buah Leci

 

Masa Panen bauh leci adalah sekitar 4-5 tahun setelah penanaman, namun bibit buah leci yang sudah banyak dikembangkan saat ini bisa menghasilkan buah pada umur 3 tahun seperti buah Leci Kom.

Pemanenan buah leci dapat dilakukan dengan cara memotong tanglai buahnya, bauh leci yang matang terasa lebih lunak saat dipencet, agar yakin saat melakukan pemanenan sebaiknya ambil beberapa sampel buah untuk dites kematangannya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 5 Cara Menanam Buah Leci Terlengkap. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakannya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga  √ 7 Cara Menanam Buah Sawo Terlengkap

Baca Juga  √ 5 Cara Menanam Buah Pir Terlengkap

Baca Juga  √ 7 Cara Mudah Menanam Jagung Yang Baik dan Benar Agar Menghasilkan Panen Menguntungkan Terlengkap

Baca Juga  √ Cara Menanam Buah Jamblang dalam Pot untuk Pemula Terlengkap