√ 5 Langkah Mudah Menanam Bunga Cempaka

Diposting pada

√ 5 Langkah Mudah Menanam Bunga Cempaka

 

 

 

CaraBudidaya.Co.ID – Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id . Kali ini kita akan membahas mengenai cara menanam bunga cempaka secara lengkap.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana Cara budidaya bunga cempaka? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

 


 

Mengenal Cempaka

 

Cempaka wangi (Magnolia Champaca Syn. Michelia Champaca) ialah pohon hijau besar yang bunga putih atau kuningnya dikenal luas sebagai sumber wewangian. Tumbuhan asal anak benua India dan Asia Tenggara ini juga berguna kayunya dan berfungsi pula sebagai penghias taman. Bijinya terbungkus oleh salut biji yang disukai burung. Cempaka wangi adalah flora identitas untuk Provinsi Aceh; di sana dikenal sebagai Bungöng Jeumpa Gadéng.Tanaman cempaka dapat tumbuh baik dataran rendah maupun dataran tinggi dengan elevasi 1.600 m dpl.

 


 

Cara Menanam Bunga Cempaka

 

1.Persiapan Bibit Bunga Cempaka

  • Pililah bibit yang sudah layak tanam dan memiliki kualitas yang baik, adapun ciri dari bibit bunga cempaka layak tanam dan berkualitas baik yaitu bibit tidak mengalami rusak ataupun cacat.
  • Apabila menggunakan metode cangkok , pilihlah pohon bunga cempaka yang sudah berumur lebih dari 3 tahun memiliki batang dan dahan yang yang mudah untuk dicangkok.
  • Jika ingin mencangkok, maka pilihlah indukan yang memiliki kualitas baik yaitu sehat dan jarang terkena penyakit. Pilih juga pohon cempaka yang berbunga banyak.
  • Alternatif lainnya ialah menadapatkan benih dari biji yg bisa dibeli ditoko tanaman , namun harus melakukan penyemaian sebelum ditanam di media tanam sebenarnya.

 


2.Persemaian Bunga Cempaka

  • Siapkan benih atau bibit bunga cempaka.
  • Siapkan juga  wadah persemaian yaitu polybag dan media tanam yang berupa campuran dari tanah, pasir dan pupuk kompos secukupnya.
  • Pastikan wadah memiliki lubang di bagian bawah dengan ukuran tidak terlalu besar.
  • Masukan media tanam kedalam wadah dengan menyisakan beberapa senti di bawah wadah.
  • Buat lubang dengan kedalaman yang disesuaikan dengan bibit. Selanjutnya masukan bibit tanaman bunga cempaka kedalam wadah lalu tutup kembali dengan tanah sambil dimampatkan perlahan-lahan. Tambahkan kayu penyangga agar tanaman cangkokan dapat berdiri tegak.
  • Siramlah bibit tanaman bunga cempaka setiap hari secara teratur.
  • Pindahkan bibit tanaman kemedia tanam apabila sudah tumbuh sekitar 30 hingga 50 cm.

 


3.Penanaman Bunga Cempaka

  • Penanaman dilakukan dengan membuat lubang tanam 50x50x50 cm.
  • Lubang diisi dengan perbandingan 3:1,
  • Lepaskan tanaman dari polybag secara berhati – hati
  • Kemudian masukan ke dalam lubang yang telah disiapkan
  • Buatlah juga ajir atau pagar.

 


4.Perawatan Bunga Cempaka

 

  • Pencahayaan

Tanaman bunga cempaka membutuhkan konsumsi cahaya matahari langsung yang lumayan banyak. Jadi sebisa mungkin menempatkan bunga cempaka di tempat yang terkena cahaya atau di tempat yang akan terkena sinar matahari di pagi hari atau sore hari. Tidak lupa juga untuk selalu menyirami bunga cempaka sebab tanaman ini juga membutuhkan asupan air yang cukup.

 

  • Pemupukan

Bunga cempaka mempunyai batang kayu yang cukup keras dan membutuhkan asupan nutrisi yang banyak. Pemberian pupuk secara berkala perlu dilakukan agar tanaman tetap terjaga nutrisinya. Berikan pupuk untuk tanaman cempaka sekitar 1-2 bulan sekali atau bisa juga dengan mengganti 2/3 dari media tanam dengan media tanam baru.

 

  • Pemangkasan

Lakukan juga pemangkasan setiap tahunnya dan semprot dengan pestisida serta beri obat tanaman untukmengatasi hama dan penyakit yang menyerang.
Bunga cempaka dapat dipanen sekitar setahun setelah masa tanam, untuk memanennya anda bisa melakukannya disaat sore hari untuk menjaga kesegaran bunga cempaka.

 


5.Pemanenan Bunga Cempaka

Tanamanyang telah berumur sekitar 1 tahun bunganya sudah dapat dipanen. Cara pemanenan bunga cempaka ini yaitu dengan cara memetik bunga dengan tangan atau dapat pula dengan menggunakan galah. Pemetikan disesuaikan dengan keadaan pasar atau permintaan dari pembeli. Pemetikan yang paling baik yaitu pada sore hari.

 

 

 


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai  √ 5 Langkah Mudah Menanam Bunga Cempaka . Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakan nya. Terima Kasih

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Cara Menanam Singkong Gajah Bagi Pemula Terlengkap
Baca Juga  √ 7 Cara Menanam Cengkih Terlengkap
Baca Juga  √ Cara Menanam Pohon Bambu untuk Pemula Terlengkap
Baca Juga  √ Cara Menanam Sirih Merah yang Efektif Secara Lengkap
Baca Juga  √ 6 Cara Budidaya Bunga Lily Terlengkap
Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Tebu Terlengkap