√ Cara Menanam Beras Hitam Bagi Pemula Terlengkap

Diposting pada

√ Cara Menanam Beras Hitam Bagi Pemula Terlengkap –Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id. Kali ini kita akan membahas mengenai cara budidaya ikan louhan secara lengkap.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana Cara budidaya musang bulan? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

√ Cara Menanam Beras Hitam Bagi Pemula Terlengkap
√ Cara Menanam Beras Hitam Bagi Pemula Terlengkap

 

 

Mengenal Beras Hitam

Dibandingkan beras putih, beras hitam yang termasuk dalam spesies Oryza Sativa L punya bulir yang lebih lebih panjang dan ramping yang warnanya akan memudar menjadi keunguan setelah dimasak. Seperti beras cokelat, nasi dari beras hitam pun memiliki rasa gurih seperti kacang yang juga cocok untuk dibuat roti, mie, bubur, hingga makanan penutup.

Sejarah beras hitam mulai dikonsumsi masyarakat pada zaman kerajaan Dinasti Ming dan Qing di Cina. Mulanya beras hitam hanya boleh disajikan kepada keluarga istana dan dilarang dikonsumsi untuk rakyat jelata. Bila ketahuan , hukumannya sangatlah fatal sehingga beras hitam dijuluki sebagai “Beras Terlarang”. Untungnya di zaman sekarang, kamu pun bebas mengonsumsi beras hitam yang mengandung banyak manfaat.

Beras hitam banyak tumbuh di wilayah Asia. Ada beberapa hal yang membuat beras hitam bisa dikatakan lebih baik dari pada beras putih, karena kandungan zat gizi yang bisa ditemukan pada lapisan luar beras tersebut seperti serat, vitamin B1, B3, B6, vitamin E, mangan, phosphor, zat besi, antioksidan anthocyanin (yang memberikan warna ungu kehitaman pada beras), asam amino dan asam lemak esensial. Bagian terluar itulah yang membuat beras hitam membutuhkan waktu yang lebih lama saat dimasak.

 

 

 

Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

 

  • Mencegah Kanker

 

Sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker karena mempunyai kandungan antosianin yang cukup tinggi. Berdasarkan penelitian , antosianin merupakan salah satu antioksidan yang cukup kuat. Sebagaimana diketahui secara luas, zat antioksidan berperan aktif sebagai pencegah penyakit kanker.

 

 

  • Mencegah Diabetes

 

kalorinya yang terkandung pada beras hitam rendah dibanding dengan jenis beras lainnya dan kalorinya kisaran 362 kcal per 100 gram. Kandungan kalori ini berkaitan erat dengan indeks glikemik. Indeks glikemik merupakan angka yang menujukkan seberapa besar suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi indeks glikemik, maka makanan tersebut akan memicu kenaikan gula darah semakin tinggi pula. Beras hitam ini  bisa digolongkan sebagai pangan sehat dan dianjurkan bagi penderita penyakit diabetes.

 

 

  • Mencegah Penyakit Jantung

 

Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini terasa dari rasanya yang sedikit pera, tidak sepulen beras putih. Setiap makanan yang memiliki kada serat tinggi tentu akan berperan aktif memelihara kesehatan jantung Anda.
Obat anemia. Kandungan zat besinya tinggi mencapai 15,52 ppm. Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan darah (hemoglobin). Karena itu makanan yang akaya akan zat besi sangat dianjurkan bagi penderita anemia.

 

 

  • Anti Aging (anti penuaan)

 

Hal ini masih terkait dengan kandungan antioksidan yang berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga apabila sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri, seseorang akan terlihat lebih bugar dan awet muda.

 

 

 

Cara Menanam Beras Hitam

 

1.Persiapan Lahan Tanam Beras Hitam

 

Lahan tanam yang akan ditanami beras hitam digemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul atau dibajak. Kemudian, diamkan lahan ± 1 minggu sebelum tanam, jaga kondisi air macak-macak. Setelah itu lakukan pemberian pupuk dasar dengan menggunakan pupuk urea, NPK, SP-36, dolomit dan pupuk organik padat. Semua pupuk selain pupuk organik padat dicampur lalu ditebarkan. Lakukan pengairan pada lahan dengan direndam sampai jenuh. Diamkan selama 1 minggu dan lahan siap ditanami.

 

 

2.Proses Persiapan Benih Beras Hitam

 

Benih sebelum disemai diuji dalam larutan air garam. Larutan air garam yang cukup untuk menguji benih adalah larutan yang apabila dimasukkan telur, maka telur akan terapung. Yang baik untuk dijadikan benih adalah benih yang tenggelam dalam larutan tersebut. Setelah benih telah diuji lalu sebaiknya direndam dalam air biasa selama 24 jam kemudian ditiriskan dan diperam 2 hari, lalu semaikan benih pada media tanah dan pupuk organik (1:1) dalam wadah segi empat ukuran 20 x 20 cm (pipiti) skitar 7 hari. Setelah  7-10 hari dari persemaian, benih padi siap untuk ditanamkan.

 

 

3.Proses Persemaian Beras Hitam

 

Siapkan wadah atau esek (kotak berbahan anyaman bambu) sebagai wadah persemaian benih padi. Cara ini digunakan untuk memudahkan pengamatan dan seleksi benih terus menerus. Besek yang dipakai dengan ukuran 15 x 15 cm sebanyak 60-70 benih per 0,14 ha (sering disebut juga ukuran 100 bata) atau 420-490 benih per hektar. Media tumbuh yang dimasukkan dalam besek, yakni tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1. Simpan persemaian di halaman rumah. Dalam proses ini kebutuhan benih sebesar 7-10 kg per hari.

 

 

4.Proses Penanaman Beras Hitam

 

Setelah benih yang telah disemai umur 7-10 hari. Lakukan sistem tanam tunggal, yakni menanam satu bibit tiap lubang tanam. Hal ini sengaja dilakukan karena apabila bibit ditanam banyak dalam satu lubang maka akan saling bersaing utnuk mendapatkan nutrisi, oksigen dan sinar matahari. Bibit ditanam dangkal dan perakaran horizontal seperti huruf L. karena jika akar ditekuk ke atas maka bibit memerlukan energi besar dalam memulai pertumbuhan kembali dan akar baru akan tumbuh dari ujung tersebut.
Penanaman dengan jarak tanam 60 cm x 70 cm, populasi per 1000 m² 1.600 tanaman (lahan efektif 70%). Umumnya cara penananaman padi hitam sebagai penghasil beras hitam sama dengan penanaman padi lainnya. Padi hitam memerlukan penyinaran matahari penuh tanpa naungan. Angin berpengaruh pada penyerbukan dan pembuahan.

 

 

5.Proses Pemupukan Beras Hitam

 

Pemberian pupuk pada SRI bertujun untuk perbaikan kesehatan tanah dan penambahan unsur hara yang berkurang setelah dilakukan pemanenan. Menggunakan sistem konvensional membutuhkan pupuk organik dengan banyak sekitar
10 ton per hektar dan bisa diberikan sampai 2 musim tanam. Setelah kondisi tanah membaik maka pemberian pupuk organik bisa berkurang disesuaikan dengan kebutuhan. Pemberian pupuk organik dikerjakan setiap tahap pengolahan tanah ke 2 supaya pupuk bisa menyatu dengan tanah.

 

 

6.Pengelolaan Air dan Penyiangan

 

Padi yang masih pada tahap pertumbuhan vegetatif (belum keluar  bunga padi) seharusnya berada dalam kondisi yang lembab, dengan cara dialiri air akan tetapi jangan sampai menggenang airnya , hanya cukup membasahinya saja. Lakukan penyiangan rumput pada umur 7-10 hari setelah tanam. Sebelum penyiangan sebaiknya lahan digenangi 2-3 cm selama beberapa jam untuk memudahkan proses penyiangan. Penyiangan dilakukan selang waktu 10 hari. Dengan pengelolaan air, ternyata bisa memudahkan proses penyiangan.

 

Pada saat padi beras hitam berumur 47-55 hari setelah tanam, baiknya lahan dalam kondisi kering selama 10 hari. Cara ini bertujuan untuk memperlambat pertumbuhan vegetatif dan menghemat penggunaan nutrisi supaya tidak digunakan untuk menumbuhkan tunas yang tidak produktif dan menghambat tanaman agar tidak tumbuh terlalu tinggi. Setelah 10 hari dikeringkan, kondisi lahan bisa kembali dibasahi namun jangan tergenang selama masa pertumbuhan mulai, bulir, pengisian bulir hingga bernas. Selanjutnya air dikeringkan kembali hingga saatnya panen. Jika dengan cara budidaya biasa, hanya dihasilkan panen sekitar 5-10 ton per hektar, sedangkan dengan cara ini bisa dihasilkan gabah sekitar 8-14 ton per hektar.

 

 

7.Pemeliharaan Beras Hitam

 

Lakukan penyulaman pada bibit tanaman padi hitam yang mati atau tumbuh tidak optimal dengan menggantinya dengan bibit yang baru. Penyulaman dikerjakan maksimal pada waktu tanaman berusia 7 hari setelah tanam supaya tanaman dapat tumbuh bersamaan.

Lakukan penyemprotan pupuk organik cair pada waktu tanaman berusia 7, 17, 27, 37, 47, 57 dan 67 hari setelah tanam.

 

 

8.Pemanenan Beras Hitam

 

Pemanenan harus memperhatikan waktu yang tepat karena akan mempengaruhi kualitas padi dan beras. Syarat panen 90-95 % gabah dari malai tampak kuning, malai berumur 30-35 hari setelah berbunga merata, kadar air gabah 22-26 % yang diukur dengan moisture tester. Cara memanen padi beras hitam ini sama halnya dengan memanen padi pada umumnya.

 

 

9.Pengendalian Hama Beras Hitam

 

Gunakanlah pengendalian hama terpadu dengan menyemprotkan pestisida organik atau musuh alami hamma yang menyerang padi seperti untuk mengusir hama wereng cokelat bisa digunakan predator (musuh alami) berupa laba-laba, kepik atau capung jarum. Berikan dosis pestisida sekitar 3-5 cc per satu liter air, diberikan seminggu sekali.

 

 

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Cara Menanam Beras Hitam Bagi Pemula Terlengkap . Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakan nya. Terima Kasih

 

 

Baca Juga Artikel

Baca Juga  √ 10 Cara Menanam Bunga Melati Terlengkap

Baca Juga  √ Cara Menanam Bayam Merah untuk Pemula Terlengkap

Baca Juga  √ Cara Menanam Ketumbar Bagi Pemula Terlengkap

Baca Juga  √ 5 Langkah Mudah Budidaya Blueberry Terlengkap

Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Lengkuas Terlengkap