√ Cara Budiaya Ikan Arwana Super Red Bagi Pemula Terlengkap

Diposting pada

√ Cara Budiaya Ikan Arwana Super Red Bagi Pemula Terlengkap

 

 

CaraBudidaya.Co.ID  – Hai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id . Kali ini kita akan membahas mengenai cara budidaya ikan louhan secara lengkap.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana Cara budidaya ikan arwana super red? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

√ Cara Budiaya Ikan Arwana Super Red Bagi Pemula Terlengkap
√ Cara Budiaya Ikan Arwana Super Red Bagi Pemula Terlengkap

 

Mengenal Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red ialah ikan hias air tawar yang yang dibanggakan oleh masyarakat pulau Kalimantan, khususnya kawasan Kalimantan Barat. Ikan ini tergolong dalam spesies Scleropages formosus, dan merupakan ikan amat langka yang dilindungi. Ikan Arwana Super Red dan Golden Red merupakan jenis ikan arwana yang termahal karena mempunyai bentuk dan warna khas yang sangat indah.

ikan arwana super red dinamakan atau dijuluki “super red” karena memiliki warna merah dan ring yang tegas di sekujur tubuhnya. Menurut mitos yang berkedar pada masyarakat, ikan arwana red ini mampu mendatangkan keberuntungan dan melancarkan rezeki, sehingga mendapatkan julukan sebagai ikan naga.

 


Jenis-jenis Ikan Arwana Super Red

 

1. Arwana Super Red Biasa

Ikan arwana tipe uper red biasa memiliki warna tubuh yang merah kekuningan dengan warna ring (sisik) agak merah keputihan, dan pada bagian ekor berwarna merah semua.

 

2. Arwana Ultra Red

Tubuh ikan arwana ultra red berwarna oranye semburat putih (merah semu). Sementara pada ring dan ekornya berwarna merah biasa.

 

3. Arwana Blood Red

Arwana Blood Red berwarna merah darah memiliki warna tubuh jingga keemasan, dengan ring sisiknya berwarna merah dan variasi ekor yang berwarna merah semi transparan.

 

4. Arwana Chili Red

Chili Red berwarna merah cabai, tubuhnya memiliki warna agak merah kecoklatan dengan ring yang berwarna merah cabai. Kemudian gradiasi warna coklat kemerahan menghiasi bagian ekornya.

 

5. Arwana Papaya Red

Papaya Red berwarna memiliki dasar tubuh ikan arwana merah kehijauan. Spektrum jingga yang membungkus ring sisiknya dan pada bagian ekornya memiliki warna merah kekuningan semburat hijau.

 


Cara Budidaya Ikan Arwana Red

1.Persiapan Wadah Budidaya Ikan Arwana Red

Akuarium dipilih biasanya agar ikan dapat dinikmati keindahannya. Selain itu, biasanya dikarenakan jumlah ikan yang tidak terlalu banyak atau pun fasilitas kolam yang tidak memadahi. Media akuarium dapat menjadi solusi alternatif untuk budidaya ini.

Pemilihan akuarium harus dilakukan dengan tepat supaya pesona dari ikan  bisa terpancar secara maksimal dan meluas.

  • Akuarium berukuran, panjang sekitar 1.5-2 meter dan lebar berukuran 60-70 cm.
  • Memasang aerator atau pompa udara yang berfungsi untuk memberikan udara masuk ke dalam akuarium dan membuang udara sisa pernafasan ikan ke luar akuarium.
  • Aerator yang bagus adalah aerator yang mampu mengeluarkan banyak udara, tetapi hemat listrik.
  • Filter atau penyaring air berfungsi untuk menyaring air agar selalu bersih. Jika tidak memakai filter, anda akan kesulitan saat proses membersihkan dan mengganti air akuarium.
  • Heater atau alat pemanas digunakan saat suhu airnya dingin.
    Termometer berfungsi untuk melihat kondisi suhu pada air. Suhu yang ideal untuk air akuarium antara 25-27 derajat Celcius.
  • Lampu TL berguna untuk menerangi habitat akuarium sekaligus memperindah akuarium, penggunaan lampu TL perlu diperhatikan karena menghasilkan suhu panas yang dapat mempengaruhi kondisi air pada akuarium dan untuk lampu TL yang cukup baik untuk akuarium berukuran 80 X 40 cm ialah 20 watt .
  • Pasir dan bebatuan yang berfungsi untuk landasan akuarium sehingga mirip dengan habitat aslinya, pasir yang baik untuk akuarium ialah pasir sungai yang masih tercampur dengan humus dan tambahkan juga batu kerikil berwarna dengan ukuran sekitar 3 mm.
  • Tanaman air menjadi media tambahan untuk habitat asli arwana. Ikan arwana sangat suka bersembunyi di tanaman air seperti berada di habitat aslinya ,karena itu baiknya sediakan tanaman air di dalam akuarium.

 

2.Persiapan Indukan Arwana Red

menyiapkan indukan arwana tentunya harus di sortir dan memilih indukan arwana dengan kualitas yang terbaik, yang harus anda ketahui bahwa untuk mendapatkan indukan arwana super red dengan kualitas baik bisa anda dapatkan dengan harga yang tidak dikatakan murah.

Dengan memiilih indukan arwana super red yang memiliki kualitas terbaik, maka anda mendapatkan hasil dari ikan arwana super red dengan kualitas terbaik juga sehingga kemudian anda dibeli dengan harga yang mahal sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak.

Sesudah menyiapkan indukan arwana, maka yang harus dingat bahwa anda harus memisahkan indukan arwana tersebut dengan ikan lainnya, karena hal ini bermaksud untuk membuat indukan menjadi tidak terganggu pada proses pertumbuhan serta pembiakan ikan arwana tersebut.

 

3.Proses Pemijahan Ikan Arwana Super Red

  • Proses pemisahan pasangan indukan pada kolam pengumpulan indukan, ikan arwana yang telah menemukan pasangannya akan terlihat selalu bersama-sama.
  • Dalam proses ini kalian harus memisahkan pasangan indukan tersebut dari indukan lainnya.
  • Kemudian dapat memisahkan pasangan tersebut ke dalam akuarium.
  • Usahakan untuk menyeting akurium tersebut agar sepeti habitat aslinya sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya. Selain bebatuan, kalian juga dapat menambahkan beberapa tubuhan air didalam akuarium tersebut sebagai shelter bagi telur-telur ikan.
  • Sesudah dipisahkan pada kolam khusus, biarkan indukan tersebut untuk beberapa hari atau kurang lebih 1 minggu. Ikan ini dapat melakukan proses pembuahan dengan sendirinya tanpa perlu bantuan dan perhatian khusus.
  • Setelah proses pembuahan selesai, indukan betina akan mengeluarkan telur-telurnya.
  • Ada hal menarik pada proses ini, indukan dan jantan biasanya akan memasukkan telur-telur mereka ke dalam mulutnya seakan-akan seperti memakannya.

 

4.Pembesaran Benih Arwana Red

Setelah telur ikan arwana red menetas, maka selanjutnya yang harus dilakukan ialah :

  • Melihat ukuran ikan arwana,jika sudah memiliki ukuran kurang lebih 12 cm maka harusnya ikan tersebut bisa anda masukkan ke dalam kolam baru.
  • Telur yang berada didalam mulut ikan arwana nantinya akan berkembang atau dierami hingga menjadi larva, larva yang berumur 2-8 minggu
  • Biasanya indukan dan jantan akan memuntahkan larva tersebut dari mulutnya dan membiarkannya berenang bebas pada sekitar para induknya.
  • Pada proses pengeraman indukan jantan akan berpuasa atau tidak makan.

 

5.Pemberian Pakan Ikan Arwana Red

  • Pakan ikan arwana yang diminati sebagai ikan karnivora ialah pakan yang hidup.
  • Beberapa jenis pakan hidup yang disukai antara lain ikan hidup, udang hidup, potongan udang segar, potongan daging ikan segar, serangga (jangkrik, kecoa, kelabang), cacing / ulat (cacing cutera, cacing tanah, cacing darah, ulat hongkong) dan kodok.
  • Sebaiknya sebelum memberikan pakan ikan arwana red dalam akuarium lakukan tindakan pencegahan untuk menghindari masuknya bibit penyakit yang bisa berbahaya bagi ikan arwana red.
  • Pakan hidup yang harus diwaspadai ialah yang berasal atau hidup di air seperti ikan hidup, kodok, dan udang. Tidak disarankan untuk memberikan pakan hidup dalam keadaan mati untuk menghindari kontaminan bakteri pathogen.
  • Bersihkan terlebih dahulu bagian tubuh seperti kaki belakang kecoa, rostrum udang dan bagian tubuh lainnya yang bisa melukai mulut ikan arwana.
  • Arwana yang mengalami kelebihan pakan dalam jangka lama, akan kehilangan nafsu makan selama beberapa hari bahkan beberapa minggu.

 

6.Proses Pemanenan Ikan Arwana Super Red

Pemanen ikan biasanya membutuhkan waktu 7-8 bulan setelah masa pembesaran. Hal ini dilakukan dengan cara mengeringkan kolam, kemudian menjaringnya dan memasukan kedalam wadah yang sudah disiapkan sebelumnya.

Dalam hal pemasaran, ikan ini terbilang sangat mudah untuk di pasarkan. Terlebih lagi jika arwana yang kalian miliki sangat sempurna baik dari segi keindahan maupun kesehatan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai  √ Cara Budiaya Ikan Arwana Super Red Bagi Pemula Terlengkap . Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakan nya. Terima Kasih

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga  √ Cara Budidaya Ikan Louhan Yang Mudah Bagi Pemula Lengkap

Baca Juga  √ 11 Cara Mudah Budidaya Ikan Koi Terlengkap
Baca Juga  √ 7 Cara Budidaya Ikan Mas Terlengkap
Baca Juga  √ Cara Budidaya Ikan Cupang Hias yang Efektif Secara Lengkap
Baca Juga  √ Cara Budidaya Ikan Discus yang Mudah dan Efektif Secara Lengkap