√ 6 Cara Menanam Anggrek Bulan dengan Mudah dan Lengkap

Diposting pada
√ 6 Cara Menanam Anggrek Bulan dengan Mudah dan Lengkap
5 (100%) 36 votes

√ 6 Cara Menanam Anggrek Bulan dengan Mudah dan LengkapHai para budidayawan kembali lagi dalam artikel carabudidaya.co.id. Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Menanam Anggrek bulan dengan mudah dan lengkap.

Ada yang sudah mengetahui bagaimana Cara Menanam anggrek bulan? Mari simak yuk dalam penjelasannya dibawah ini ya.

 

 

√ 6 Cara Menanam Anggrek Bulan dengan Mudah dan Lengkap
√ 6 Cara Menanam Anggrek Bulan dengan Mudah dan Lengkap

 

 

Mengenal Anggrek Bulan

Anggrek Bulan ialah Tanaman yang hidup dengan menempel pada tanaman lain ini menjadi sangat cantik jika bunganya mekar. Bunga ini dominan berwarna putih dan beberapa warna lain yang juga menarik. Untuk mendapatkan banyak bunga yang bermekaran dari tangkai-tangkai bunganya maka anggrek harus diperlakukan dengan benar. Banyak wanita yang menyukai kecantikan bunga ini bahkan berkat kecantikan bunga ini membuatnya dijadikan sebagai bunga nasional

 

 

Jenis – Jenis Anggrek Bulan

Ada 2 jenis Anggrek Bulan , yaitu :

  • Anggrek Terrestris

Tanaman yang hidup pada tanah humus yang subur, kalian harus tahu tentang media atau tempat yang tepat dan sesuai untuk menanam bunga anggrek

 

  • Anggrek Epiphyt

Tanaman yang hidup menempel pada tanaman lain tetapi tidak mengganggu tanaman yang ditumpanginya.

 

 

Cara Menanam Anggrek Bulan

1. Memilih Bibit Bunga Anggrek

Sebelum menanam bunga anggrek, kalian harus memilih bibit dnegan kualitas bagus. Pilih bibit yang siap untuk dibudidayakan, kriteria bibit yang bagus ialah bibit yang telah berusia 1 tahun serta telah memiliki daun dan akar.

 

2. Tanam Di Tempat Yang Benar

 Anggrek bulan tidak membutuhkan banyak sinar matahari , hanya butuh sekitar 20% setiap hari. Tempatkan anggrek pada tempat yang teduh atau terhalang sinar matahari seperti di bawah pohon rindang atau digantung di atap teras rumah. Suhu yang cocok untuk anggrek pada siang hari sekitar 30 derajat celcius dan pada malam hari sekitar 23 derajat.

 

3. Menanam Anggrek Bulan

Ada 2 cara menanam anggrek bulan,yaitu :

  •  Menanam di Pot

Pilih pot yang sesuai dengan tanaman anggrek. Biasanya di taruh di dalam pot kecil yang transparan, pot tanah, pot kayu atau pot plastik. Sebaiknya lebih optimal menggunakan pot transparan agar bisa mengontrol pertumbuhan akarnya.
Untuk media/tempat tanahnya, bisa menggunakan sabut kelapa, pecahan genteng, batu-bara, arang, kayu atau potongan pakis.

  • Siapkan kawat atau bambu.
  • Siapkan bibit anggrek yang bisa Anda dapatkan di toko-toko pertanian. (Biasanya terdapat bibit anggrek botolan yang daunnya sudah berukuran 1 cm dan akarnya sudah muncul 2 sampai 3 helai).

Bibit ini ditanam pada tray (wadah bibit anggrek, banyak di toko pertanian). Penanaman bibit muda pada tray bertujuan untuk dapat memindahkan bibit anggrek dengan mudah ke tempat-tempat yang disinari cahaya matahari di pagi hari dan penanaman ini dilakukan selama 3 bulan.

Setelah semua media tanam tersedia, penanamanpun bisa dilakukan. Cara penanaman bibit anggrek botolan, bisa dilakukan dengan :

  • Memindahkannya langsung pada pot .
  • Usahakan jangan merusak helaian akarnya.
  • Gunakan kawat yang sudah dilengkungkan terlebih dahulu untuk mengeluarkan bibit dari botol.

Dan untuk penanaman bibit dari tray yang sudah memasuki usia 3 bulan, juga bisa dipindahkan ke dalam pot berdiameter 15 cm dengan 3 sampai 5 tanaman.
Kemudian, pada 3 bulan berikutnya, dilakukan tahapan repotting yaitu memindahkan tanaman anggrek tadi ke ukuran pot yang lebih besar. 1 pot berisi satu tanaman anggrek.

 

  • Menanam dengan cara ditempel

Anggrek ialah tanaman merambat dan termasuk tanaman epifit yang hidup dengan cara menempelkan diri pada tanaman lain, jadi media/tempat  penanamannya juga bisa menggunakan pohon ,yaitu :

  • Ikat anggrek tersebut pada pohon dengan menggunakan tali plastik atau tali ijuk atau tali rapia.
  • Kemudian dengan sendirinya, anggrek akan beradaptasi dengan menjalarkan helaian-helaian akarnya ke permukaan pohon yang ditempelinya.

 

 

4. Memberi Fungisida Dan Pupuk Daun

Setelah semua bibit anggrek saya pindahkan, satu per satu siram kembali dengan fungisida tetapi jangan sampai mengenai tanaman, cukup siram pada media disekitar tanaman dan jangan sampai terkena daun. Fungisida yang saya gunakan adalah merek Antracol, dengan dosis 1 liter air berbanding seperempat sedok teh fungisida antracol.

Selesai menyiram dengan fungisida, kini saatnya menyemprot pupuk daun. Pupuk daun yang saya gunakan adalah pupuk growmore 32-10-10 dengan dosis rendah untuk adaptasi tanaman, 1 liter air berbanding seperempat sendok teh pupuk growmore. Semprotkan pupuk daun ke semua tanaman terutama daun dan batang tanaman.

 

 

5. Mengatur Pola Penyiraman

Sebenarnya jenis tanaman anggrek ini tidak bagus terkena banyak air, sifat tanaman yang epifit atau hidupnya menempel pada media mengakibatkan anggrek tidak suka dengan genangan atau media yang becek.

Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan air kita bisa menyemprotkan sedikit saja air setiap paginya saat usia anggrek sudah 6 bulan keatas. Akibat jika terlalu banyak menyemprotkan air akan memunculkan jamur yang menyerang akar, bisa juga anggrek bulan akan mengalami penyakit bercak pada daunnya.

 

 

6. Perawatan bunga anggrek

  • Atur Ketinggian Pot Anggrek
  • Perhatikan Anggrek dari Daunnya
  • Jaga kelembaban Anggrek
  • Jagalah Sirkulasi Udara
  • Durasi Penyiraman Harus Tepat
  • Jauhkan Anggrek dari Hama dan Penyakit
  • Atur Jumlah Nutrisi
  • perhatikan Akar bibit bunga anggrek
  • perhatikan Batang bunga anggrek
  • Menempatkan pada suhu yang tepat

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 6 Cara Menanam Anggrek Bulan dengan Mudah dan Lengkap . Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan akan cara membudidayakannya. Terima Kasih

 

Baca Juga Artikel

Baca Juga  √ 7 Cara Budidaya Jahe Merah dengan Mudah dan Lengkap
Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Kencur Terlengkap
Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Lengkuas Terlengkap
Baca Juga  √ 6 Cara Menanam Talas Terlengkap
Baca Juga  √ 4 Cara Menanam Kaktus Terlengkap