√ 16 Cara Ternak Burung Lovebird Mudah Di Pahami [ TERLENGKAP ]

Diposting pada
√ 16 Cara Ternak Burung Lovebird Mudah Di Pahami [ TERLENGKAP ]
4.7 (93.33%) 12 votes

√ 16 Cara Ternak Burung Lovebird Mudah Di Pahami [ TERLENGKAP ] – Burung lovebird atau dalam bahasa Indonesia burung cinta, meski Asing diucapkan merupakan burung sosial yang selalu hidup berkelompok. Dinamakan lovebird oleh pakar yang mengamati mereka melihat bahwa dengan sepasang burung ini akan bersandar berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain serta betapa setianya burung ini karena mereka hanya mempunyai 1 pasangan seumur hidup mereka atau setia hingga mati.

Lovebird secara pandangan sangat mengagumkan karena warnanya yang cerah dan indah dipandang menemani kesunyian hari. Seluruh tubuh warna dari spesies burung ini adalah hijau terang meski ada beberapa yang berwarna biru,kuning,abu-abu maupun merah. Warna bulu badan mereka akan selalu berbeda dengan warna bulu kepala. Hal inilah yang membuat lovebird memanjakan mata karena kecerahan dan keindahan warna bulu mereka.

Saat ini burung lovebird telah booming di semua kalangan dan telah booming dengan cukup lama dan burung lovebird tidak akan pernah hilang dari pecinta burung, burung lovebird sendiri mempunyai harga yang cukup mahal apabila dapat merawatnya hingga bersuara berkualitas, oleh karena itu saya akan membahas langkah-langkah tentang √ 16 Cara Ternak Burung Lovebird Mudah Di Pahami [ TERLENGKAP ] sehingga para pembaca atau pemula yang ingin memulai bertenak burung lovebird dapat membaca artikel ini dan menerapkannya dalam bernernak, selamat membaca.

 

16 Cara Ternak Burung Lovebird Mudah Di Pahami [ TERLENGKAP ]

 

 

Langkah-langkah bertenak burung Lovebird Berkualitas:

 

1. Siapkan Kandang Lovebird

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah sebelum memulai ternak lovebird tentu saja menyiapkan kandangnya. Bagi Anda yang ingin berternak lovebird lebih dari sepasang, harus menyiapkan kandang yang lebih besar dan juga bersekat secara terpisah.

Jika Anda hanya berniat mengawali ternak dengan sepasang lovebird saja, siapkan sekalian tempat bertelur lovebird yang terbuat dari kayu keras berukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm. Tempat bertelur ini biasa disebut dengan glodok. Siapkan serut kayu, ranting kecil, serta dedaunan kering di sekitar glodok. Nantinya lovebird akan menghiasi sarang sendiri.

 

2. Jaga Kebersihan Sangkar

Salah satu yang harus diperhatikan dalam beternak lovebird, yaitu sesudah memilih kandang yaitu menjaga kebersihan kandang ternak termasuk dalam cara memelihara burung lovebird jenis apapun juga.

Burung lovebird adalah salah satu jenis burung yang sangat aktif sehingga kegiatannya yang selalu bergerak membuat ekor dan juga bagian ujung sayap seringkali kotor. Jika tidak segera diperhatikan, maka bulu burung akan terlihat semakin kusam, mengurangi keindahan lovebird itu sendiri sekaligus memperburuk keturunan yang nantinya dihasilkan. Untuk itu, dalam beternak lovebird warna ini sangat penting untuk menjaga kebersihan kandang secara teratur setiap hari.

 

3. Siapkan Sepasang Lovebird Berkualitas dan Sehat

Pastikan memilih lovebird yang sehat dan berkualitas sehingga nantinya juga dapat menghasilkan anakan yang berkualitas baik. Pilih lovebird jantan yang jauh lebih tua dari betina sehingga saat perkawinan terjadi, lovebird jantan dapat lebih mendominasi sekaligus memastikan kesehatan pasangan lovebird serta anakan yang akan dilahirkan dan juga cara merawat lovebird supaya ketawa panjang.

  • Di cek dahulu sepasang lovebird tidak berasal dari keturunan sama.
  • Jangan lakukan perkawinan lebih dari 2 kali, karna dapat membuat lovebird sakit parah.
  • Jangan lakukan pembiakan silang karena dapat menghasilkan lovebird hibrid yang tidak masuk dalam golongan spesies lovebird apapun.
  • Perhatikan kelamin dengan memeriksa bulu dan harus dilakukan dengan hati hati karena ada spesies lovebird androgini yang sangat sulit ditentukan kelaminnya.

 

4. Pilih Pasangan Lovebird Sehat

Pasangan lovebird yang sehat sangat penting supaya nantinya dapat menghasilkan anakan berkualitas sekaligus mempunyai warna bulu yang bagus. Ada beberapa kualitas yang harus dipunyai sepasang lovebird yaitu sebagai berikut :

  • Bentuk tubuh bulat dan dapat berjalan dengan baik.
  • Bokong dan punggung lebar serta dada yang membusung sekaligus bulat.
  • Ekor tajam dan ringkas serta kepala yang bulat, lebar dan besar.
  • Bentuk muka lebar dan menarik serta mata besar, bundar dan tajam.
  • Bulu terlihat rapi, warna intens dan terang serta sempurna.
  • Kaki terlihat besar, bersih dan kuat serta cakar lurus tanpa parut.
  • Bentuk paruh besa dan bersih tanpa parut.

 

5. Menunggu Hingga Lovebird Siap Kawin

Lovebird yang telah siap akan dikawinkan biasnya berusia minimal 1 tahun ke atas. Jangan lupa anda juga harus menanyakan usia induk lovebird kepada penjual.

 

Ciri-ciri lovebird siap kawin :

  • Betina : Akan sering melakukan seperti merentangkan sayapnya dan ekor yang sering diangkat ke atas.
  • Jantan : lovebird jantan Akan sering melakukan menggosok-gosokkan pantatnya dan bagian tubuhnya pada sangkar yang telah di buat dan itu telah menandakan jantan love bird telah siap kawin.

Segera kawinkan indukan lovebird yang sudah melakukan hal-hal di atas. Bila kelamaan malah akan membuatnya sulit kawin dan akan stress terhadap perkembangannya.

Jika beberapa tanda ini sudah terlihat, maka segera kawinkan lovebird sebab jika ditunggu terlalu lama, akan membuat lovebird sulit untuk dikawinkan. Jangan pasangkan lovebird jika kondisi keduanya belum benar benar sehat dan sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter hewan.

 

6. Karantina Sepasang Lovebird. Jika anda baru membeli lovebird dalam kawanan untuk dikawinkan, maka sebaiknya karantina pasangan tersebut lebih dulu selama beberapa hari. Karantina ini penting dilakukan untuk memastikan kesehatan keduanya sekaligus mencegah betina terlalu teritorial dan menolak lovebird jantan. Karantina ini hanya dibutuhkan ketika anda ingin mengawinkan lovebird yang berasal dari luar kawanan.

 

7. Amati Tanda Tanda Kawin. Lovebird merupakan burung yang aktif dalam bereproduksi sehingga ada banyak tanda kawin yang bisa terlihat seperti terlihat mesra, agresi, cemburu atau berperilaku hormonal, menyelipkan bahan atau benda untuk membuat sarang di bagian sayap dan juga membuat sarang seperti ciri ciri burung merpati mau bertelur.

 

8. Berikan Nutrisi Cukup. Lovebird yang sudah berhasil kawin, maka sangat membutuhkan makanan tinggi nutrisi untuk mengurangi stress yang dialami tubuh burung termasuk untuk cara menjinakan lovebird muda. Hindari memberikan sepasang lovebird dengan pakan biji bijian karena kandungan nutrisi dalam makanan tersebut kurang cuku baik bagi pasangan lovebird ataupun anakan. Beberapa contoh makanan yang baik diberikan untuk lovebird diantaranya adalah:

  • Makaroni bentuk siku yang telah dimasak
  • Jelai mutiara
  • Rumput laut berbentuk butiran
  • Beras coklat utuh
  • Sayuran beku atau sayuran hijau, biskuit, roti bakar atau sereal
  • Tulang sotong
  • Buah apel.

 

9. Berikan Extra Food Dengan Teratur. Tidak hanya manusia yang membutuhkan tambahan suplemen khusus untuk menjaga kesehatan dan stamina, namun lovebird warna juga harus diberikan suplemen khusus agar nutrisi yang bisa didapatkan semakin seimbang selain dari pakan utamanya. Pakan sehat seperti kangkung, mentimun atau milet bisa diberikan pada lovebird.

Sedangkan suplemen juga harus diberikan untuk merawat bulu lovebird tetap terawat. Jika lovebird kekurangan nutrisi dan vitamin, maka kerontokan bulu bisa terjadi. Pakan berupa protein juga jangan terlalu banyak diberikan karena bisa menyebabkan bulu kusam dan rontok begitu juga dengan makanan berlemak yang tidak boleh diberikan terlalu berlebihan.

 

10. Menjodohkan Lovebird yang Berbeda Alat Kelamin

Ketika sudah terlihat tanda-tanda bahwa love bird siap untuk di kawinkan pada lovebird. Maka jodohkan sepasang lovebird tersebut dengan mempertemukan mereka atau mempersatukan kandang yang awalnya terpisah. Yang perlu menjadi catatan adalah ketika pertama kali Anda membeli indukan, jangan langsung memasukkan mereka pada satu kandang yang sama, karena bisa saja mereka berantem atau tidak cocok dengan pasangannya.

 

11. Rutin Memberi Makan Agar Lovebird Cepat Bertelur

Ketika mereka sudah berjodoh dan telah dimasukkan pada kandang yang sama, jangan lupa untuk terus rutin mengotrol kandang love bird di dalam kandang dan memberikan mereka makan secara teratur agar cepat bertelur. Makanan yang cocok untuk lovebird itu sendiri adalah pelet, biji sawi, benih kenari, jagung muda, kangkung, toge, dan biji bunga matahari.

 

12. Proses Perkawinan Bertelur

Setelah berhasil melewati proses perkawinan dan betina sudah bertelur, jangan sering untuk melihat keadaan lovebird agar tidak merasa terganggu dengan kehadiran anda. Anda cukup melihat keadaan dari jauh saja.

Perlu dapat diketahui ketika sudah bertelur,maka tidak semua betina mau mengerami telurnya yang ada. Untuk dapat mengantisipasi hal ini, dekatkanlah kepada betina yang tidak mau mengerami telurnya dengan betina yang mau mengerami telurnya. Cukup dengan dekatkan sangkar mereka. Erangan betina yang mengerami telurnya akan memancing betina lainnya untuk mengerami juga sehingga dapat merespon atau merangsang betina yang tidak mau mengerami telurnya.

Bagi lovebird betina yang baru pertama kali bertelur, belum tentu telurnya akan menetas. Hal ini wajar saja, karena bisa saja karena lovebird itu sendiri belum siap bertelur atau produsksi atau karena faktor eskternal lainnya seperti kandang kotor, pemberi makan tidak sesuai, vitamin yang di berikan bisa saja pasangan yang tidak sesuai dari jantan.

 

13. Pemisahan Anak Lovebird Dengan Induknya

Namun bila anda berhasil dalam melakukan kawin atara love bird dan telurnya telah berhasil menetas, maka anda harus tunggu hingga 14 hari lamanya dan baru kemudian anak lovebird dapat dipisahkan dari induknya. Bisa saja Anda tunggu hingga anak mulai keluar dari sarangnya. Ketika dipisahkan dari induknya, siapkan lampu 5 watt pada kandang anak untuk menjaga suhu dalam kandang agar dapat menghangatkan anak lovebird.

 

14. Memberi Makan Anakan Lovebird

Usianya yang masih kecil tentu saja sangat sulit dalam memberi makan pada anak love bird oleh karena itu anda harus membuat pelet yang sangat halus dan memberinya makan dengan anda sendiri karena anak lovebird belum bisa makan sendiri. Oleh karena itu Anda perlu menyuapinya dengan menggunakan suntikan yang telah diisi pelet yang telah anda buat. Lepas jarumnya diganti dengan selang elastis atau karet pentil. Makanan untuk anakan lovebird bisa bubur bayi atau pelet yang diseduh dengan air hangat. Suapi anakan setiap 4 jam sekali. Berikan perhatian ekstra bagi anakan.

 

15. Usia Anakan Lovebird

Anakan lovebird memiliki usia dari 1 hari sampai 35 hari lamanya tergantung dari anakan lovebird itu sendiri, biasanya bila love bird anakan dapat berdiri dan mengepakan sayapnya walaupun sayapnya belum tumbuh bulu dengan sepurna dan dapat makan dengan sediri nya tanpa kita suapi seperti di awal lovebird baru menetas dari cangkangnya, dan itu sudah dapat menandakan bahwa anakan lovebird sudah dapat kita letakan din kandang baru yang pastinya kita akan menyiapkan kandang baru.

 

16. Melatih Secara Rutin

Jika anda sudah memiliki anakan lovebird yang telah tumbuh besar maka latihlah anakan lovebird dan love bird di usia yang masih kecil kita dapat mudah melatih dan membentuk suara dari love bird itu sendiri, dan anda harus rajin untuk memancing suara burung anakan love bird itu sendiri dengan anda harus menaruh di sebelah kandang burung lovebird yang dewasa dan memiliki suara yang keras dan enak di dengar dengan begitu burung anakan lovebird dapat terpancing suaranya keluar dengan perlahan.

Dan itulah artikel yang dapat di sampaikan kepada kalian yang ingin bernernak burung lovebird bagi para pemula atau yang hobi dalam burung sehingga artikel ini semoga bermanfaat yang telahmembahas tentang bagaimana √ 16 Cara Ternak Burung Lovebird Mudah Di Pahami [ TERLENGKAP ] sehingga kalian dapat menerapkan artikel ini dalam bertenak burung lovebird impian anda semoga bernernak burung lovebird anda menyenangkan dan mendapat hasil yang diinginkan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Baca Juga  √ 16 Cara Ternak Burung Lovebird Mudah Di Pahami [ TERLENGKAP ]
”]

Baca Juga  √ 16 Cara Ternak Burung Lovebird Mudah Di Pahami [ TERLENGKAP ]
”]

Baca Juga  √ 9 Cara Menanam Cabe Di Jamin Berhasil & Sukses Dalam Bisnis